fbpx

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

KSB Dapat Tambahan Kuota Haji

Taliwang, KOBAR – Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) memperoleh tambahan kuota haji pada pelaksanaan ibadah haji tahun ini. Penambahan itu berasal dari porsi kursi Jamaah Calon Haji (JCH) yang sebelumnya gagal melakukan pelunasan Ongkos Naik Haji (ONH) pada gelombang pertama beberapa waktu lalu.

Tambahan kuota haji yang diperoleh KSB itu sebanyak 18 JCH. Dengan rincian untuk jamaah lanjut usia (Lansia) sebanyak 16 orang dan 2 sisanya jamaah berpasangan. “Jadi totalnya kita dapat tambahan 18 JCH dari porsi kursi yang tidak bisa dilunasi,” jelas Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) KSB, Drs H Syarifuddin, kepada media ini.

Untuk JCH lanjut usia, mereka diambil dari pendaftar tahun 2012. H Syarifuddin menjelaskan, porsi kursi Lansia itu sesuai dengan kebijakan Kemenag yang memprioritaskan JCH lansia untuk pemberangkatannya. Sedangan 2 orang JCH pngikut terdiri dari istri dan anak JCH yang sudah lebih dulu masuk dalam porsi pemberangkatan tahun ini.

“Untuk JCH Lansia batasnya harus pendaftar tahun 2012. Di atas tahun itu tidak boleh. Nah kalau jamaah pengikut ada seorang istri yang kebetulan suaminya naik tahun ini dan ada anak JCH yang orang tuanya juga dapat jatah tahun ini.” urai H Syarifuddin.

Guna memastikan ke-18 JCH kuota tambahan itu bisa melunasi ONH pada waktunya nanti. Kantor Kemenag KSB sudah berkoordinasi baik dengan JCH langsung maupun pihak keluarga. Pihak Kemenag ingin memastikan semua alamat dan nomor kontak (HP atau telpon) jamaah tetap aktif setiap waktu. Dengan begitu saat ada pemberitahuan pelunasan, maka Kemenag dapat dengan mudah menghubungi para jamaah.

Menurut H Syarifuddin, waktu pelunasan ONH bagi jamaah tambahan ini sangat singkat. Sesuai ketentuan hanya diberikan waktu selama 5 hari sejak adanya pemberitahuan pelunasan dari Kemenag. “Sementara ini pusat belum menginfokan kapan mulainya. Maka itu sebagai bentuk persiapan, kami minta semua nomor HP jamaah. Dengan begitu, kalau ada info kita bisa segera kabarkan ke mereka untuk melakukan pelunasan secepatnya,” paparnya.

“Untuk biaya pelunasan mereka sudah siapkan. Jadi tinggal tunggu jadwal saja, Insya Allah mereka akan langsung membayarkan kekurangan ONH-nya,” sambung H Syarifuddin.

Sementara itu, terhadap 90 JCH kuota KSB dinyatakan telah melunasi seluruh biaya ONH pada pelunasan tahap pertama sesuai jadwal. Dengan demikian, jika tambahan 18 orang berhasil melunasi biaya ONH-nya maka total JCH KSB pada kegiatan haji tahun ini sebanyak 108 orang. “Insya Allah mereka sudah siap untuk biayanya. Makanya kami optimis mereka bisa melunasinya,” imbuh H Syarifuddin. (kimt)

Don`t copy text!