fbpx

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

Balon Bupati K2 Diganjal Dukungan Ganda

Taliwang, KOBAR – Hasil verifikasi awal yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sumbawa Barat (KPU KSB) terhadap berkas dukungan untuk calon perseorangan yang diusulkan pasangan bakal calon Bupati dan wakil Bupati, Kusmayadi ST, SKM, MM, Mars – Drs H Khairuddin Karim MH (K2) ditemukan ada dukungan ganda.

Berkas dukungan yang diterima KPU KSB dari pasangan calon perseorangan sebanyak 13.671 dukungan atau melebihi dari syarat yang ditetapkan sebanyak 13.222, namun hasilnya, ada dukungan ganda mencapai 3.223 dukungan, sehingga harus dilakukan perbaikan.

“Hasil analisa kegandaan yang dilakukan KPU KSB menemukan banyaknya dukungan ganda, jadi jumlah yang ada saat ini masih sangat kurang, dan kemungkinan akan lebih banyak kurangnya setelah dilakukan verifikasi faktual nantinya,” tegas koordinator devisi tehnis KPU KSB, Fahroni, SH.

Masih keterangan Fahroni, jumlah pendukung pasangan calon yang diajukan K2 sesuai syarat dukungan yang diterima KPU KSB sebanyak 13.671, namun setelah dilakukan analisa kegandaan yang merupakan proses awal menjadi 11.922 dukungan, karena ada 1.749 dukungan dianggap tidak lagi memenuhi syarat.

Disampaikan juga komisioner KPU KSB itu, saat ini sedang dilakukan verifikasi administrasi faktual di tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan proses itu membutuhkan waktu selama 14 hari sejak syarat dukungan diserahkan oleh calon perseorangan itu sendiri. “Hasilnya pasti akan disampaikan kepada calon, termasuk ditembuskan kepada para pihak terkait.

Kekurangan Jumlah dukungan yang harus dipenuhi akan bertambah jika hasil verifikasi administrasi faktual di tingkat PPS menemukan kejanggalan yang dapat menyebabkan dukungan dianggap tidak memenuhi syarat, ditambah lagi dengan aturan KPU, calon perseorangan tetap bisa melakukan pendaftaran dengan ketentuan menyerahkan dukungan dua kali lipat dari jumlah kekurangan, dan itu dilakukan sebelum penetapan calon.

Sesuai jadwal yang disampaikan pihak KPU KSB, bahwa saat ini baru selesai tahap awal, termasuk penyapaian berkas syarat kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), kemudian dari 23 Juni sampai 6 Juli dilakukan penelitian administrasi dan faktual di tingkat Desa/Kelurahan, kemudian pada 7-13 Juli dilakukan rekapitulasi dan pada 14-17 Juli masuk tahapan rekapitulasi di tingkat Kabupaten.

Untuk menjaga obyektifitas verifikasi yang akan dilakukan terhadap berkas syarat dukungan, KPU KSB telah meminta kepada calon perseorangan untuk menyiapkan tim khusus yang bisa bersama dengan tim KPU KSB atau PPK yang akan melakukan verifikasi nantinya. “Pekerjaan verifikasi dilakukan secara terbuka, jadi pasangan perseorangan bisa menunjuk tim yang akan berada bersama PPK saat melakukan verifikasi,” beber ketua KPU KSB, Khaeruddin SE beberapa waktu lalu.

Bahkan Heru juga meminta untuk disiapkan tim penghubung dengan KPU KSB, sehingga apa yang ingin diketahui bisa dikonfirmasikan langsung dengan komisioner KPU KSB atau melalui sekretariat. “Kami siap untuk memberikan penjelasan tentang apapun yang dibutuhkan,” janjinya. (kimt)

Don`t copy text!