fbpx

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

DPD PAN KSB Bantah Sudah Berkoalisi

Taliwang, KOBAR – Dewan Pimpinan Daerah Partai Amanat Nasional (DPD PAN) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) membantah telah menetapkan koalisi, termasuk dalam penentuan pasangan calon Bupati dan wakil Bupati yang akan diusung pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan digelar pada Desember 2015 mendatang.

Ketua DPD PAN, Umar Mansyur SH, mengakui jika beberapa pekan terakhir terkuak bahwa PAN telah menentukan pilihan politik, bahkan sampai pada kesepakatan di tingkat Dewan Pimpinan Wilayah (DPW), padahal dalam organisasi partai mengamanatkan bahwa penetapan pasangan calon yang akan didukung harus melalui mekanisme penjaringan terlebih dahulu.

“Mekanisme sudah jelas, dimana DPW akan menerima berkas yang diajukan DPD setelah melalui tahapan verifikasi, jadi kepada calon yang ingin menggandeng PAN diminta untuk mendaftarkan diri pada mekanisme penjaringan yang telah dibuka itu, sementara proses yang telah terkuak itu bisa dikatakan ilegal,” timpalnya.

Pada kesempatan itu mantan anggota DPRD KSB itu menegaskan bahwa sampai saat ini, PAN belum menentukan sikap politik atau dukungan ke pasangan calon manapun, karena tahapan penjaringan baru dibuka dengan menetapkan lima orang sebagai komposisi tim penjaringan. “Mulai Senin 9/3 kemarin baru dibuka jadwal penjaringan, jadi penetapan dukungan setelah tahapan dilalui,” timpalnya.

Lanjut Umar Mansyur, setelah penjaringan selesai, semua berkas yang masuk akan dikirim ke DPW untuk kemudian diusulkan ke DPP, karena DPP yang akan menentukan siapa pasangan calon yang akan diusung, jadi bukan DPW yang menentukan langsung pasangan yang akan diusung.

Dibeberkan Umar Mansyur, keputusan pelaksanaan tahapan itu mengacu pada hasil kongres Bali, dimana DPP memberikan hak otonom kepada DPD dalam pengambilan keputusan, termasuk didalamnya terkait agenda Pilkada di seluruh Indonesia,  tentunya juga KSB sebagai salah satu daerah yang akan menggelar pilkada serempak pada Desember mendatang. (kimt)

Don`t copy text!