fbpx Suhu Politik KSB Bakal “Terpanas” di NTB
Zulnan-4

Suhu Politik KSB Bakal “Terpanas” di NTB

“Bupati yang Sedang Menjabat Mesti Bijak Bersikap”

Taliwang, KOBAR – Geliat politik menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang bakal digelar pada Desember 2015 sudah mulai memanas di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), bahkan akan menjadi geliat politik terpanas di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Beberapa indikator sehingga diprediksikan bahwa politik di KSB bakal menjadi politik terpanas di NTB adalah, kandidat yang bakal maju sebagai pimpinan daerah adalah pejabat tinggi yang masih aktif dalam birokrasi pemerintahan.

“Saya prediksi bahwa politik di KSB yang paling panas untuk pelaksanaan Pilkada di NTB tahun ini,” tukas dosen Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Zulkarnaen MPd, kepada media ini kemarin.

Diingatkan kandidat doktor Ilmu Politik Pendidikan itu, ada kecenderungan kegaduhan politik yang akan terjadi, jika Bupati yang memimpin saat ini salah dalam mengambil sikap politik atau dukungan, mengingat beberapa orang yang dulunya pernah menjadi tim sukses telah menentukan pilihan masing-masing, namun prediksi itu akan buyar, jika masyarakat lebih cerdas dan berperan aktif untuk menjaga stabilitas daerah.

Masih keterangan pemuda asal Fajar Karya kecamatan Brang Ene itu, suhu politik KSB akan berlangsung memanas hingga penetapan pasangan calon masing-masing kandidat, karena saat ini masih dalam proses untuk mendapatkan partai politik (parpol) pengusung, sehingga wajar tensi suhu politik memuai, berbeda dari daerah lain, dimana para kandidat Bupati cenderung bukan pejabat yang sedang memimpin.

“Suhu politik KSB akan mulai surut saat masing-masing calon telah menetapkan pasangan, termasuk sudah mendapatkan rekomendasi keputusan parpol pengusung, karena saat itu masing-masing lebih konsentrasi untuk persiapan strategi pemenangan, namun geliat politik akan kembali memanas saat pesta demokrasi dibuka oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai penyelenggara,” bebernya.

Zulkarnaen sangat berharap kepada seluruh masyarakat untuk mampu memilah antara kepentingan politik sesaat dengan kerukunan hidup dalam lingkungan, karena cukup banyak masyarakat di daerah lain bertikai lantaran berbeda pilihan.

“Saya berharap kepada masyarakat untuk tidak terprovokasi dengan gejolak politik yang muncul, termasuk meminta kepada seluruh kandidat yang akan berlaga untuk menjadi contoh terbaik, bukan menjadi pemicu gejolak,” pintanya.

Beberapa nama calon Bupati KSB yang sudah menggeliat saat ini adalah; Drs H Mala Rahman (Wabup KSB), Dr Ir W Musyafirin MM (Sekda) KSB, Drs H Muhammad Nur Yasin (PNS aktif), Kusmayadi ST SKM MM Mars (PNS aktif), Mustakim Patawari LM (anggota DPRD KSB), Mancawari LM (anggota DPRD KSB), dan Andi Azis (Mantan calon Bupati periode sebelumnya), termasuk mantan ketua DPRD KSB, Drs Manimbang Kaharyadi. (kimt)

TRENDING NEWS:

  • 55
    Apa Iya, Pirin Bukan Rezim Kyai Zul?Taliwang, KOBAR - Benarkah bakal calon Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Dr Ir W Musyafirin MM, bukan bagian dari rezim Bupati KSB dua periode, Dr KH Zulkifli Muhadli SH MM ?. Pertanyaan itu mengemuka setelah ada pemberitaan bahwa Kyai Zul, sapaan akrab Bupati KSB yang masih menjabat itu, tidak mendukung F1…
    Tags: yang, kyai, zul, ini, itu, ksb, bupati, politik, saat, masyarakat
  • 54
    Kyai Zul Siap Jadi Jurkam F1Taliwang, KOBAR - Mantan Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Dr KH Zulkifli Muhadli SH MM, mengaku siap untuk menjadi Juru Kampanye (Jurkam) pasangan calon, Dr Ir W Musyafirin MM – Fud Syaifuddin ST (F1), bahkan mengaku jika dirinya telah tercatat sebagai salah seorang jurkam. Kyai Zul, sapaan akrab mantan Bupati dua…
    Tags: calon, yang, untuk, daerah, kyai, zul, menjadi, di, ini, itu
  • 51
    Bupati KSB: Dila Leman, Tradisi Ramadhan di Sumbawa Barat yang Mesti DilestarikanTaliwang - Dila Leman adalah tradisi warga Sumbawa Barat pada setiap ramadhan. Dahulu, tradisi ini dilaksanakan dalam bentuk menyalakan penerangan dengan menggunakan lampu minyak tanah alias pelita. Pelita ini diletakkan di depan rumah warga pada sepuluh malam terakhir dan setiap malam ganjil. Kegiatan ini dilakukan untuk mengingatkan, bahwa setiap malam…
    Tags: yang, ini, untuk, bupati, di, akan, sumbawa, barat, kepada, ksb
  • 51
    KPU Butuh Rp 15,5 M Untuk Pilkada KSBTaliwang, KOBAR - Pilkada Serentak akan diselenggarakan kembali pada tahun 2020 mendatang. Ada 270 daerah yang akan mengikuti Pilkada Serentak ini. Pilkada Serentak 2020 merupakan Pilkada serentak gelombang keempat yang dilakukan untuk kepala daerah hasil pemilihan Desember 2015. Dan Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) termasuk di dalamnya. Denny Saputra SPd, Ketua Komisi Pemilihan…
    Tags: untuk, yang, ksb, daerah, ini, akan, di, bupati, politik, sumbawa
  • 49
    PNS Wajib Netral, Mobilisasi PNS Dilarang UU ASNMalik: Belum ada Bakal Kandidat yang mengajukan Surat Mundur Taliwang, KOBAR - Sejumlah Bakal calon Bupati dan bakal calon wakil bupati yang akan bertarung di Pilkada KSB bulan Desember mendatang didominasi oleh beberapa orang Pegawai Negeri Sipil (PNS), sehingga jelang deklarasi dan pendaftaran kandidat ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Kepegawaian…
    Tags: untuk, yang, dalam, calon, itu, bakal, kandidat, akan, kepada, sumbawa
  • 49
    Kyai Zul: Bukan Bus Kantor Berjalan Bupati SemataTaliwang, KOBAR - Polemik tentang pembelian mobil bus yang akan dipergunakan Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) sebagai kantor berjalan terjawab sudah, dimana mobil yang akan dibeli itu bukan dipergunakan sebagai kantor berjalan Bupati semata. “Bus yang akan dibeli itu milik pemerintah yang multi fungsi nantinya, jadi bukan hanya akan dipergunakan sebagai…
    Tags: yang, bupati, akan, itu, ksb, saat, kyai, zul, di, ini

10 thoughts on “Suhu Politik KSB Bakal “Terpanas” di NTB

    1. Kalau ngga melek politik pasti jawabannya ” ah biasa aja” . Tapi kalau faham inilah geliat terpanas dalam sejarah politik Pilkada. Sekda berbenturan dengan wabup,Sekda berbenturan dengan Bupati,Sekda berbenturan dengan Ulama,sekda berbenturan dengan Birokrat. Adu kuat,Adu hebat strategi.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Syafruddin-Deni Previous post Dukungan Hanura Menguat Ke Nur Yasin
Andi-Lw-1 Next post Rumor PAN Membelot, Andi Laweng: PAN Bersama F1
Close
Don`t copy text!