fbpx

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

Liga Sepak Bola Amatir Terbesar di NTB Segera Digelar

Taliwang, KOBAR – Setelah sukses melaksanakan turnamen sepak bola antar klub amatir tahun lalu dan sebagai bentuk realisasi terhadap komitmen ketua Persatuan Sepakbola Kemutar Telu (PSKT), maka dalam waktu dekat di Kabupaten Sumbawa Barat akan mulai digelar liga PSKT. Jika terealisasi, maka bisa dikatakan bahwa kompetisi sepak bola ini adalah liga klub amatir terbesar di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Ketua PSKT,  Dr Ir W Musyafirin MM, dalam rapat persiapan yang digelar kemarin mengatakan, Liga PSKT 2015 akan digelar lebih menarik dan lebih kompetitif dari Turnamen PSKT 2014. Tujuannya untuk melakukan pembinaan bagi para pemuda yang memiliki bakat bermain sepakbola, menanamkan spirit sportifitas, dan menjadi katalisator bagi anak-anak muda, serta menebar virus optimisme bagi Pemuda Sumbawa Barat.

“Liga PSKT akan Kita selenggarakan lebih kompetitif dan menarik. Liga ini akan menjadi wadah yang baik bagi pembinaan para pemuda kita. Menjadi pemain bola bisa menjadi pilihan yang menarik bagi para pemuda dibandingkan menjadi pemakai narkoba. Liga ini juga akan menebar optimisme bagi seluruh masyarakat Sumbawa Barat,” ujar Firin, sapaan akrab pria beranak tiga ini.

Firin, yang juga menjadi Ketua Majelis Pemuda Indonesia KNPI Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) menyatakan, formatnya pun akan berbeda. Jika pada tahun 2014 formatnya adalah PSKT Cup, Tahun 2015 format kompetisinya adalah sistem Liga. Liga Amatir yang akan dikelola dengan profesional dan akan diselenggarakan selama 1 tahun penuh.

“Liga PSKT 2015 akan diselenggarakan selama 1 tahun penuh dengan jumlah Klub yang akan berlaga sebanyak 36 klub. Pertandingan akan dihelat pada 4 zona pertandingan (battle zone), yaitu zona pertandingan utara, zona timur, zona tengah, dan zona selatan. Masing-masing zona akan diisi 9 klub. Dalam babak penyisihan saja akan terdapat 288 pertandingan, belum termasuk babak 16 besar, babak 8 besar, semifinal dan grand final,” lanjutnya.

Untuk itu, Firin berharap, Liga PSKT yang didukung oleh Pemerintah KSB ini juga didukung seluruh pihak terutama pihak swasta di bumi pariri lema bariri. “Kami akan melakukan komunikasi dan kerjasama dengan semua pihak swasta yang ada di KSB untuk menyukseskan kompetisi akbar ini. Kami yakin seluruh pihak akan mendukung karena tujuannya baik,” akunya lagi.

Liga PSKT, Liga Amatir terbesar di NTB ini memang khusus diperuntukkan bagi para muda yang ber-KTP KSB. Liga yang kompetitif ini akan dibuka pada bulan maret dengan pertandingan Eksibisi Tim PSKT vs PS. Sumbawa Barat di stadion Lalu Magaparang, Taliwang.

Inilah Klub Peserta Liga PSKT: Arken FC, Banjar FC, Beru Jereweh FC, Bidom FC, Bongkar FC, Dokter Pooh FC, Gelora Mura FC, Kertasari FC, KGR Desa Beru FC, Labuan Lalar FC, Lalar Liang FC, Ligat FC, Maluk FC, PSM Manemeng, Moteng FC, Mujahidin FC, Panser FC, Persema Menala FC, Persilam FC, Persisam FC, Peta Tanakakan FC, Pasir Putih Poto Tano FC, PS. Bugis, PS. Kuang, Putra Benete FC, Samaras FC, Sapugara Bree FC, Sebubuk FC, Sekongkang Atas FC, Seloto FC, Telaga FC, Tongo FC, Bhogat Seteluk, Persikal Kelanir, Mentari Tebo, Pantasel Sekongkang Bawah. (kimt)

Don`t copy text!