Setelah Sekda Definitif, Mutasi Pejabat di KSB Langsung Digelar

Menu

Mode Gelap

PULAU SUMBAWA · 19 Jul 2016

Setelah Sekda Definitif, Mutasi Pejabat di KSB Langsung Digelar


Setelah Sekda Definitif, Mutasi Pejabat di KSB Langsung Digelar Perbesar

Bupati: Kita Akan Tempatkan Aparatur Yang Berkompeten

Taliwang, KOBAR – Perlahan namun pasti, akhirnya gerbong mutasi besar-besaran akan mulai bergerak di lingkup Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Saat ini bahkan dikabarkan tengah dilakukan evaluasi dan penilaian terhadap kinerja Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Bupati Sumbawa Barat, Dr Ir H W Musyafirin MM, membenarkan akan melaksanakan mutasi setelah tim Panitia Seleksi (Pansel) merampungkan tugasnya menyeleksi hingga menetapkan Sekretaris Daerah (Sekda) definitif. Karena Sekda memiliki kewenangan dalam menetapkan aparatur yang nantinya masuk gerbong mutasi.

“Kita sudah menjadwalkan pelaksanaannya akhir bulan Agutus mendatang. Kita akan menempatkan aparatur yang benar-benar memiliki kompetensi di bidangnya masing-masing yang tujuannya untuk meningkatkan kinerja pemerintah,” ungkapnya.

Bicara mutasi menurut Bupati, hal yang lumrah dan bukan sesuatu yang mesti ditakutkan. Pejabat SKPD yang nantinya mengalami pergeseran atau pergantian posisi bukan ditempatkan berdasarkan suka atau tidak suka. Silahkan publik menilainya dengan berbagai persepsi, tetapi pelaksanaannya murni untuk meningkatkan kinerja pemerintahan ke arah yang lebih baik.

“Jadi pelaksanaan mutasi mendatang bukan soal suka atau tidak suka. Kalau kinerja seseorang itu bagus tentu kita apresiasi, tapi  kalau memang tidak ya tentu kita evaluasi,” ujarnya.

Bupati sebenarnya menginginkan setiap permasalahan yang terjadi di tingkat SKPD harus juga mampu dituntaskan sendiri di tataran dinas. Tidak melulu menunggu pimpinan daerah untuk menyelesaikannya.

“Kita bukannya ingin cuci tangan. Tapi, bukankah pimpinan daerah juga memiliki tugas menyelesaikan persoalan lainnya.  Untuk itu, pejabat profesional dan mampu bekerja dengan baik sangat dibutuhkan,” imbuhnya.

Bupati kembali memastikan dalam pelaksanaan mutasi, promosi maupun pengangkatan pejabat baik eselon IV, III maupun eselon II tersebut, tidak ada unsur kedekatan maupun politis. Bahkan dalam pelaksanaannya nanti dipastikan tidak ada unsur balas budi. Sepanjang para aparatur menunjukkan kinerja baik, profesional, jujur, ikhlas dan sungguh-sungguh maka tentu akan menjadi penilaian tersendiri.

“Bagi pejabat yang profesional tidak perlu takut tergeser karena kita butuh pejabat yang memang mampu bekerja keras membangun Sumbawa Barat,” ujarnya.

Karena itu, para ASN ditekankan harus tahu dan memahami tugas pokok sebagai abdi negara dalam melayani masyarakat. Tugas tersebut dilaksanakan tanpa rasa pamrih.

“Ini yang harus dikedepankan bagi para ASN, berikan pengabdian. Berikan teladan pada masyarakat, kedepankan pengabdian tanpa pamrih,” katanya.

Bupati sendiri sebenarnya sudah melakukan penilaian terhadap adanya aparatur yang mampu berinovasi dan berkreasi dalam pembangunan. Mereka dipastikan akan menempati berbagai posisi dan siap bekerja serta merancang model pembangunan dengan semangat pro-rakyat.

“Kita butuh aparatur yang mampu mengambil keputusan terbaik dalam pembangunan. Yang lebih penting, buatlah masyarakat ketika bertemu dengan aparatur, seakan bertemu dengan pimpinan daerah. Itulah etos kerja yang baik. Apalagi aparatur yang nantinya dipercaya menjadi pimpinan di tiap dinas merupakan representasi pimpinan daerah yang diamanatkan untuk mengemban tugas dengan baik,” tandasnya. (ktas/kjon)

About The Author

Trending di KOBARKSB.com

  • 61
    Bupati Telah Kantongi Nama Calon Sekda KSBFirin: Saya Tidak Suka Diintervensi, Tunggu Saja Tanggal Mainnya Taliwang, KOBAR - Bupati Sumbawa Barat, Dr Ir H W Musyafirin MM, mengakui telah mengantongi tiga nama calon Sekretaris Daerah (Sekda) untuk ditetapkan menjadi satu yang terbaik. Tiga nama tersebut adalah kandidat dengan rangking teratas hasil seleksi Panitia Seleksi (Pansel) Pimpinan Tinggi…
  • 59
    Bupati Bentuk Tim Monev Proyek PLFirin: Tak ada Lagi yang Meminta-minta Proyek Ke Bupati dan Wabup Taliwang, KOBAR - Tim khusus monitoring dan evaluasi (Monev) terhadap pelaksanaan beberapa program yang ada di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dilaporkan telah dibentuk oleh Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) guna untuk memastikan agar proyek penunjukan langsung (PL) di lingkungan Pemerintah…
  • 58
    Bupati Akan Lakukan Seleksi Terbuka Jelang Mutasi AkbarTaliwang, KOBAR - Bupati Sumbawa Barat, Dr Ir H W Musyafirin MM, dilaporkan tengah bersiap melakukan perombakan jabatan untuk seluruh pejabat eselon II di lingkup Pemkab Sumbawa Barat. Gerbong mutasi besar-besaran ini disesuaikan dengan adanya Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baru yang akan mulai efektif tahun 2017 mendatang. “Setelah melakukan penyusunan OPD…
  • 57
    Seorang Lansia Terpaku Ketika Rumahnya Dibedah Bupati“Para Pengusaha Digugah Untuk Rela Berbagi” Brang Rea, KOBAR - Rasa haru tak bisa disembunyikan Misbah (80), warga Bangkat Monteh, Kecamatan Brang Rea, ketika rumahnya disambangi Bupati Sumbawa Barat, Dr Ir H W Musyafirin MM. Haru dan bahagia pria lanjut usia (lansia) itu begitu nampak saat Bupati menyerahkan bantuan rehabilitasi rumah yang…
  • 57
    Pelantikan Sekda KSB DiundurTaliwang, KOBAR - Surat Keputusan (SK) terkait penetapan Sekda definitif Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), sayup-sayup dikabarkan telah ditanda tangani Bupati Sumbawa Barat, Dr Ir H W Musyafirin MM. Sekda yang masih dirahasiakan namanya itu bahkan direncanakan akan dilantik beberapa hari kedepan. Kendati sempat dihembuskan bahwa pelantikan Sekda akan dilakukan sekitar tanggal 18-20 Agustus.…
  • 56
    Aset KSB Tercatat Rp 2,5 TriliunTaliwang, KOBAR - Aset Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan, sejalan pelaksanaan belanja modal daerah yang dialokasikan dalam APBD. Total aset daerah dari Rp 2,1 triliun pada tahun 2016 bertambah menjadi Rp 2,5 triliun pada tahun 2017. "Total aset itu mencakup tanah, bangunan, jalan, kontruksi,…
Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Pewarta

Baca Lainnya

Muhammadiyah Tetapkan 11 Maret 2024 Jadi Awal Puasa 1 Ramadan 1445 H

1 Februari 2024 - 18:43

Muhammadiyah Tetapkan 11 Maret 2024 Jadi Awal Puasa 1 Ramadan 1445 H - Haedar Nashir - Ketua Umum PP Muhammadiyah

PT Trakindo Utama Buka Lowongan Kerja Untuk Tamatan SMA dan SMK

12 Januari 2024 - 15:30

PT Trakindo Utama Buka Lowongan Kerja Untuk Tamatan SMA dan SMK - Loker Trakindo

PT Freeport Indonesia Buka 38 Lowongan Kerja Terbaru Untuk Fresh Graduate

8 Oktober 2023 - 18:01

PT Freeport Indonesia Buka 38 Lowongan Kerja Terbaru Untuk Fresh Graduate - Tambang Emas Freeport Indonesia

Seleksi Calon ASN 2023 Segera Dibuka, Kuota PPPK Lebih Banyak Dibanding CPNS

12 Agustus 2023 - 20:27

Seleksi Calon ASN 2023 Segera Dibuka, Kuota PPPK Lebih Banyak Dibanding CPNS - Seleksi PPPK 2023 - CASN 2023

3.113 Orang Jemaah Haji NTB Telah Tiba di Kampung Halaman

30 Juli 2023 - 22:03

3.113 Orang Jemaah Haji NTB Telah Tiba di Kampung Halaman - Jamaah Haji Sumbawa - Bandara Internasional Lombok - Embarkasi Lombok

PT Adaro Energy Indonesia Buka 55 Lowongan Kerja Untuk Tamatan SMA dan Sarjana

9 Juli 2023 - 20:07

PT Adaro Energy Indonesia Buka 55 Lowongan Kerja Untuk Tamatan SMA dan Sarjana - Lowongan Kerja Terbaru PT Adaro Energy Indonesia
Trending di LOWONGAN KERJA
Don`t copy text!