Pembangunan Bandara Sekongkang Segera Rampung

Pembangunan Bandara Sekongkang Segera Rampung

Taliwang, KOBAR – Pekerjaan penataan ulang bandara Sekongkang diyakini bisa rampung sebelum 18/12 mendatang atau tidak keluar dari masa kontraknya, sehingga Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) terus mendesak rekanan untuk memacu pekerjaan.

Kabid Lalu Lintas Angkutan Udara dan Perairan (LLAUP) pada Dishubkominfo Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Abdul Kadir SPd yang dikonfirmasi media ini rabu 3/12 kemarin mengatakan, progress pekerjaan sampai dengan saat ini sudah mencapai 85 persen atau lebih tinggi progress dari jadwalnya.

Ketetapan progress mencapai 85 persen setelah dilakukan kunjungan pada selasa 2/11 kemarin, dimana di lokasi sudah terlihat perampungan pekerjaan pembangunan tower komunikasi, pekerjaan runway dan take way. “Runway dan takeway sudah rampung, sementara untuk tower tinggal dilakukan pemasangan pada bagian atap,” bebernya.

Untuk pekerjaan apron atau areal parkir pesawat saat ini masih dalam perampungan, termasuk pekerjaan hotmik pada areal pintu masuk. Jika cuaca mendukung dalam sepekan ini, maka beberapa pekerjaan itu bisa dirampungkan. “Kalau dalam minggu ini tidak terganggu cuaca, maka bisa dipastikan progress dapat mencapai 90 persen lebih atau tinggal menunggu finishing,” lanjutnya.

Meskipun pekerjaan terus dipacu oleh PT Istana Persahabatan Timur selaku pelaksana, namun Dishubkominfo tetap intens untuk melakukan pengecekan lokasi, lantaran tidak ingin pekerjaan pembangunan bandara tidak selesai sampai batas waktunya. “Semangat kami pekerjaan pembangunan bandara Sekongkang harus rampung sebelum tanggal berakhir kontrak, hal itu sendiri sudah disampaikan kepada rekanan,” timpalnya.

Menyinggung soal pengoperasian bandara, Abdul Kadir mengelak untuk memberikan keterangan, lantaran sudah diluar kewenangannya, namun yang pasti saat ini sedang intens membangun komunikasi dengan sejumlah maskapai penerbangan. Hasil komunikasi yang pernah dilakukan, pihak maskapai menyambut baik tawaran untuk memanfaatkan bandara Sekongkang tersebut, bahkan pihak managemen PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) juga memberikan dukungan.

Seperti yang pernah diberitakan media ini, Bupati KSB berharap bandara Sekongkang itu bisa difungsikan pada awal tahun 2015 mendatang, sehingga beberapa kebutuhan pembangunan termasuk pengurusan ijin diminta untuk diproses cepat, tetapi sampai saat ini belum ada informasi terbaru, apakah ijin operasional Bandara Sekongkang telah dikantongi atau masih dalam proses. (kimt)

Don`t copy text!