fbpx

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

Tarif Baru Penyeberangan Poto Tano – Kayangan Diberlakukan

Poto Tano, KOBAR – Pemerintah provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) melalui Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dihubkominfo) telah mengeluarkan pengumuman bernomor 551/120/dihubkominfo/II tentang penyesuaian tarif angkutan penyeberangan lintas Kayangan – Poto Tano.

Pengumuman yang ditanda tangani kepala Dishubkominfo provinsi NTB, Drs Agung Hartono M,STr mengingatkan kepada masyarakat, bahwa penyesuaian tarif dilakukan untuk keberlangsungan jasa angkutan, namun peningkatan harga tetap memperhatikan daya beli masyarakat (ability to pay), termasuk keputusan Gubernur NTB.

Dasar dari penetapan tarif baru adalah, Peraturan Gubernur (Pergub) NTB nomor 552-731 tahun 2014, Peraturan Menteri Keuangan (Permenkeu) nomor 37/PMK.0102008 tertanggal 28 Februari dan surat edaran dirjen perhubungan darat nomor SE:02/KP.804/DRJD/2014 dan keputusan direksi PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) nomor KP.327/OP.404/ASDP.2014.

“Tarif baru lintas Poto Tano–Kayangan telah mengalami kenaikan dan sudah berlaku sejak 27 November pukul 00.00. kenaikan itu sendiri diumumkan secara langsung kepada masyarakat yang akan menggunakan jasa angkutan,” ucap kepala Angkutan Sungai Danau Dan Penyeberangan (ASDP) Poto Tano–Kayangan, Alvius D Bago yang dihubungi melalui selularnya kemarin.

Berikut adalah harga tiket penyeberangan saat ini; untuk penumpang dewasa sebesar Rp. 20 ribu, sementara anak-anak hanya Rp. 12 ribu. Untuk kendaraan golongan I sebesar Rp. 30 ribu, lalu golongan II jenis sepeda motor biasa Rp. 56 ribu, sedangkan untuk sepeda motor yang suspensinya lebih tinggi dikenakan tarif sebesar Rp. 94 ribu.

Golongan IV untuk kendaraan penumpang yang panjang kurang dari 5 meter dikenakan tarif sebesar Rp. 475 ribu, sedangkan kendaraan barang yang panjang tidak lebih dari 5 meter dikenakan tarif Rp. 444 ribu. “Intinya kenaikkan tarif tidak terlalu jauh atau pada rata-rata 10 persen,” lanjutnya. (kimt)

Don`t copy text!