fbpx

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

Komisi III DPRD KSB akan Memperkuat Fungsi Pengawasan

Taliwang, KOBAR – Rapat internal yang dilaksanakan komisi III DPRD Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) pada rabu 1/10 kemarin menyepakati beberapa hal penting, baik akan segera melakukan rapat kerja dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), respon terhadap isu aktual, termasuk akan memperkuat fungsi pengawasannya.

Ketua komisi III DPRD KSB, Dinata Putrawan ST kepada media ini mengakui jika ada kesepakatan bersama seluruh anggota komisi III untuk memperkuat pengawasan, termasuk akan lebih intens turun lapangan untuk melihat langsung pelaksanaan program, baik yang tidak dilaporkan oleh masyarakat, apalagi yang dilaporkan oleh masyarakat.

“Kunjungan lapangan menjadi keharusan bagi komisi III, karena dengan tahapan itu bisa mengecek langsung pekerjaan, termasuk untuk melihat progres atas pekerjaan itu sendiri, sehingga bisa mengambil sikap tegas, jika saat dilakukan pengecekan lapangan menemukan adanya pelaksanaan pekerjaan tidak sesuai dengan akad proyek tersebut,” janji Dinata.

Dinata juga mengatakan, tugas yang dibebankan dan menjadi kewenangan komisi III bukan seputar pelaksanaan proyek semata, tetapi ada beberapa pekerjaan pembangunan lainnya, karena komisi III bermitra kerja dengan 8 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). “Bisa saya bilang komplikasi tugas yang menjadi beban kerja komisi III,” timpal politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu.

SKPD yang menjadi mitra itu adalah, Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perijinan Terpadu (BPMPPT), Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo), Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Badan Lingkungan Hidup (BLH), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Pekerjaan Umum (DPU), Bappeda dan Unit Layanan Pengadaan (ULP).

Masih keterangan Dinata, dalam rapat internal itu sendiri terkuak langkah cepat yang harus dilakukan saat ini adalah melakukan koordinasi dalam rangka menangani masalah kesulitan air bersih yang mulai dirasakan beberapa kawasan masyarakat. “Dalam rapat disepakati untuk lebih memperioritaskan masalah kesulitan air bersih yang saat ini sudah dirasakan beberapa kawasan masyaraakat,” terang Dinata.

Untuk mempercepat koordinasi dalam mengantisipasi berbagai persoalan, komisi III justru sudah menyepakati akan mulai mengundang SKPD yang menjadi mitra pada minggu ini. “Minggu ini kami sudah mulai bertemu dengan SKPD,” tandasnya. (kimt)

Don`t copy text!