KSB Bisa Kembangkan Pariwisata Tanpa Alkohol

Menu

Mode Gelap

PULAU SUMBAWA · 20 Sep 2014

KSB Bisa Kembangkan Pariwisata Tanpa Alkohol


KSB Bisa Kembangkan Pariwisata Tanpa Alkohol Perbesar

Taliwang, KOBAR – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) pada tahun 2015 mendatang akan mengembangkan dunia pariwisata dengan mulai melakukan penataan objek wisata. Pengembangan pariwisata yang akan dilakukan nanti harus tanpa persetujuan peredaran minuman beralkohol dan seks bebas.

Bupati KSB, Dr KH Zulkifli Muhadli, SH, MM pada beberapa kesempatan mengaku jika bidang pariwisata harus disiapkan sejak sekarang, karena tidak mungkin ditolak pengembangannya, hanya saja perlu diatur lebih rinci agar tidak vulgar, apalagi sampai melegalkan peredaran minuman haram serta hubungan bebas yang merupakan dampak dari pengembangan pariwisata.

“Pengembangan pariwisata tidak harus membuat kita hanyut atau melegalkan apa yang tidak benar, jadi harus formula yang tepat sehingga pengembangan pariwisata tidak berujung pada dampak negatif,” timpal Kyai Zul sapaan akrabnya.

Masih keterangan orang nomor wahid di Bumi Pariri Lema Bariri itu, penolakan pengembangan dunia pariwisata pernah terjadi di wilayah Madura, dimana para kyai di wilayah itu menganggap bahwa pariwisata akan memberikan dampak negatif bagi daerah dan generasi. Hal itu juga akan terjadi di KSB jika kita terlalu membuka ruang untuk dunia pariwisata, jadi antisipasi atas dampak harus lebih kencang. “Saya yakin pariwisata bisa dikembangkan tanpa melegalkan peredaran minuman beralkohol dan seks bebas,” lanjut Kyai Zul.

Pengembangan budaya dan spiritualitas memang menjadi sasaran pada 2015. Turisme harus ditangkis dengan kemampuan daya tangkap terhadap demokrasi dan budaya lokal. Penguatan lembaga pendidikan dan keagamaan bisa mengimbangi kemajuan pariwisata untuk memperkuat masyarakat.

Slogan besar yang harus dimunculkan dalam ambisi pengembangan dunia pariwisata adalah, kalau mau mencari tempat berlibur, objek wisata yang damai dengan penyuguhan alam yang indah dan eksotik bisa dinikmati di Bumi Pariri Lema Bariri.

Kyai Zul pada kesempatan itu juga menuturkan, dalam menyambut pengembangan pariwisata bukan hanya menata Desa Mantar yang telah ditetapkan sebagai desa budaya, tetapi juga akan melaksanakan pembangunan gedung pertunjukan di luar kawasan Kemutar Telu Center (KTC) terutama di wilayah selatan, pembangunan rumah adat, termasuk pembangunan air mancur pada tugu syukur.

Sementara objek lainnya yang harus dibenahi adalah pantai Balad, danau Lebo Taliwang, Gua Mumber di kecamatan Brang Rea, dan Air Terjun di Jereweh. Sementara untuk pantai Jelenga dan pantai Maluk sudah berkembang.

“Objek yang belum berkembang harus diintervensi serius oleh pemerintah pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2015 mendatang, agar seluruh potensi itu bisa menyedot wisatawan,” tegasnya. (kimt)

About The Author

Trending di KOBARKSB.com

  • 48
    Bupati Janji Dalami Persoalan Nominee yang Terjadi di KSBTaliwang, KOBAR - Masalah penguasaan lahan yang dilakukan Warga Negara Asing (WNA) dengan menggunakan nama masyarakat lokal maupun luar Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) atau yang disebut nominee akan dibahas khusus oleh pemerintah KSB. Pembahasan itu sendiri akan mengerucut pada maraknya informasi adanya penguasaan lahan oleh WNA, sementara lahan itu sendiri tidak…
  • 48
    PBB Cari Calon Bupati KSBTaliwang, KOBAR - Partai Bulan Bintang (PBB) dipastikan akan mengusung calon Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) pada suksesi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan digelar Juni 2015 mendatang. Soal versi pelaksanaan tidak menjadi soal, yang pasti siapa yang lebih banyak mendapat dukungan masyarakat akan menjadi calon utusan PBB, baik itu kader…
  • 47
    Ponpes Al-Ikhlas Gelar Pekan Perkenalan Khutbatul ArsyTaliwang, KOBAR - Apel tahunan dengan mengusung slogan besar perkenalan khutbatul arsy yang dilaksanakan Pondok pesantran Al-Ikhlas pada senin 1/9 kemarin cukup meriah, karena berhasil menampilkan berbagai kegiatan, baik olahraga maupun menunjukkan kemampuan para santri dan santriah pada disiplin ilmu. Khutbatul arsy adalah khutbah perkenalan atau khutbah perpeloncoan yang dilaksanakan dalam…
  • 46
    Obyek Wisata di KSB Butuh “Sinyal HP”Taliwang, KOBAR - Promosi wisata di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) menjadi skala prioritas Pemerintah sejak beberapa tahun terakhir. Ini dibuktikan dengan optimisme pemerintah mendeklarasikan dua objek wisata yang dinilai berpotensi untuk dikembangkan. Sebut saja Mantar sebagai desa Budaya, Sekongkang Bawah dengan Pantai Lawar dan Hutan Wisata Lawarnya. Kedua lokasi ini sejak…
  • 46
    Tugas Berakhir, Tim Verifikasi K-II DibubarkanTaliwang, KOBAR - Tim verifikasi berkas kelengkapan untuk tenaga honorer Kategori II (K-II) telah menyelesaikan tugas yang menjadi tanggung jawab dan kewenangan, sehingga tim itu langsung dinyatakan dibubarkan oleh Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Dr KH Zulkifli Muhadli, SH, MM. Untuk menanggapi jika nanti ada sanggahan dari masyarakat, orang nomor wahid…
  • 46
    Kyai Zul Curhat Saat Pelaksanaan Progress ReportTaliwang, KOBAR - Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Dr KH Zulkifli Muhadli, SH, MM saat pelaksanaan progress report bukan hanya menyampaikan capain kinerja selama setahun, tetapi juga menyampaikan permohonan maaf, jika selama menjabat sebagai Bupati telah melakukan berbagai kesalahan, baik yang dilakukan secara sengaja maupun kedholiman yang tidak disengaja. Bahkan pada…

Eksplorasi konten lain dari KOBARKSB.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Amman Mineral Kembali Berangkatkan 32 Pelajar Penerima Beasiswa AMMAN Scholars

19 Juli 2024 - 16:57

Amman Mineral Kembali Berangkatkan 32 Pelajar Penerima Beasiswa AMMAN Scholars - Beasiswa AMMAN Scholars 2024

Alarm Darurat Pendidikan: 1.235 Orang Anak Putus Sekolah SD di NTB

8 Juli 2024 - 19:29

Alarm Darurat Pendidikan 1.235 Orang Anak Putus Sekolah SD di NTB - Siswi Sekolah Dasar (SD)

Muhammadiyah Tetapkan 11 Maret 2024 Jadi Awal Puasa 1 Ramadan 1445 H

1 Februari 2024 - 18:43

Muhammadiyah Tetapkan 11 Maret 2024 Jadi Awal Puasa 1 Ramadan 1445 H - Haedar Nashir - Ketua Umum PP Muhammadiyah

PT Trakindo Utama Buka Lowongan Kerja Untuk Tamatan SMA dan SMK

12 Januari 2024 - 15:30

PT Trakindo Utama Buka Lowongan Kerja Untuk Tamatan SMA dan SMK - Loker Trakindo

PT Freeport Indonesia Buka 38 Lowongan Kerja Terbaru Untuk Fresh Graduate

8 Oktober 2023 - 18:01

PT Freeport Indonesia Buka 38 Lowongan Kerja Terbaru Untuk Fresh Graduate - Tambang Emas Freeport Indonesia

Seleksi Calon ASN 2023 Segera Dibuka, Kuota PPPK Lebih Banyak Dibanding CPNS

12 Agustus 2023 - 20:27

Seleksi Calon ASN 2023 Segera Dibuka, Kuota PPPK Lebih Banyak Dibanding CPNS - Seleksi PPPK 2023 - CASN 2023
Trending di LOWONGAN KERJA
Don`t copy text!