fbpx
PBB Cari Calon Bupati KSB

PBB Cari Calon Bupati KSB

Taliwang, KOBAR – Partai Bulan Bintang (PBB) dipastikan akan mengusung calon Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) pada suksesi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan digelar Juni 2015 mendatang. Soal versi pelaksanaan tidak menjadi soal, yang pasti siapa yang lebih banyak mendapat dukungan masyarakat akan menjadi calon utusan PBB, baik itu kader partai atau non kader.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Nusa Tenggara Barat (DPW PBB NTB), Dr KH Zulkifli Muhadli, SH, MM menuturkan, PBB memiliki kriteria khusus yang harus dipenuhi oleh bakal calon yang akan diusung, selain ada beberapa kriteria umum. Pembuktian atas kriteria itu harus dilakukan dengan cara mendengarkan pendapat dari masyarakat, komponen pemerintahan dan beberapa hal tekhnis lainnya.

“Kami tetap akan membuka ruang bagi masyarakat untuk menanggapi dan mengusulkan calon Bupati yang akan diusung PBB nantinya. Langkah itu juga diyakini untuk menjawab bahwa PBB tidak ingin menghilangkan kedaulatan rakyat, sehingga dukungan rakyat bukan sekedar formalitas, namun bisa menjadi poin penting dalam menentapkan calon yang bakal ditetapkan untuk di usung.

Diingatkan Kyai Zul, penetapan kriteria khusus mengacu pada kondisi daerah itu sendiri, apa yang menjadi kriteria khusus di Bumi Pariri Lema Bariri berbeda dengan kriteria yang ditetapkan pada beberapa daerah lain pasti berbeda. “KSB memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah, jadi salah satu kriteria khusus itu adalah networking, dimana calon pemimpin yang akan diusung harus yang memiliki jaringan lebih luas, agar bisa mengantar KSB menjadi daerah yang lebih maju nantinya,” ucap Kyai Zul sapaan akrabnya.

Apakah yang akan diusung berputar pada kader partai, Kyai Zul dengan tegas mengatakan, peluang awal akan dibuka pada internal partai, keputusan itu bukan mengenyampingkan peluang bagi calon pemimpin non partai, karena bisa saja peluang kader partai itu tertutup setelah banyak aspirasi atau dukungan yang disampaikan masyarakat kepada calon non partai. “PBB harus mengusung calon Bupati KSB periode 2015-2020,” lanjut Kyai Zul yang juga Bupati KSB dua periode itu.

Pada kesempatan itu Kyai Zul juga menyampaikan, saat ini belum ada yang mengerucut untuk dukungan, karena PBB saat ini sedang mempersiapkan pelaksanaan Musyawarah Cabang (Muscab), jadi tahapan dalam menentukan calon Bupati yang akan diusung menunggu selesai agenda partai tersebut dan diakui bisa saja ketua DPC PBB mendatang akan menjadi calon Bupati yang diusung.

Menyinggung soal Koalisi Merah Putih (KMP), Kyai Zul mengaku belum ada instruksi yang diterima soal langkah yang harus dilakukan partai, apalagi saat ini kesolidan KMP sedang diuji dengan beberapa hal yang mengemuka. “Bisa saja ada instruksi bahwa semua parpol yang tergabung dalam KMP harus bersatu dalam memenangkan calon Bupati, namun sampai saat ini belum ada instruksi itu,” tegasnya. (kimt)

Don`t copy text!