fbpx
Relokasi Andi Akim Bukan Sekedar Janji

Relokasi Andi Akim Bukan Sekedar Janji

Taliwang, KOBAR – Rencana pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) untuk melakukan relokasi tempat tinggal Andi Akim yang berada di Poto Batu diharapkan bukan sekedar janji belaka. Yang paling ditunggu masyarakat saat ini adalah penempatan lokasinya, apakah direlokasi dalam pemukiman atau dicarikan tanah kosong yang juga jauh dari masyarakat.

Rencana itu sendiri cukup menyita perhatian masyarakat, karena keberadaan gubuk Andi Akim yang sudah puluhan tahun itu nyaris tidak pernah tersentuh oleh pemerintah, sehingga rencana relokasi mendapat dukungan masyarakat, jika lokasi pemindahan lebih representatif, termasuk rumah yang akan dibangun bukan gubuk.

Kabid Sosial pada Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disosnakertran), Manurung SPd yang dikonfirmasi Senin 15/9 kemarin menegaskan, relokasi kediaman Andi Akim sudah menjadi program yang harus dilaksanakan cepat, karena sudah menjadi perintah Bupati KSB. “Perintah Bupati harus cepat dicarikan tempat relokasi Andi Akim,” tegas Manurung.

Masih keterangan Manurung, pihaknya saat ini masih melakukan koordinasi dengan berbagai pihak sebelum menetapkan lokasi pembangunan rumah yang akan dihuni Andi Akim. “Kami sendiri tidak ingin salah dalam menetapkan lokasi dan untuk mensukseskan rencana itu butuh koordinasi matang dan lintas sektoral,” lanjut Manurung.

Diakui Manurung jika rencana awal lokasi pembangunan rumah pengganti Andi Akim diwilayah Kelurahan Telaga Bertong, sehingga pihaknya telah berkomunikasi dengan pihak kelurahan untuk melakukan survey lokasi dan diusulkan untuk bisa menjadi salah satu alternatif. “Saya akan ketemu lagi dengan Lurah Telaga Bertong untuk membahas lokasinya,” terangnya.

Manurung tidak ingin menyinggung berapa luas lahan yang akan dijadikan tempat tinggal Andi Akim nantinya, termasuk model rumah yang akan dibangun, namun yang pasti rumah representatif untuk hunian dan pembangunan di atas lahan milik pemerintah, agar Andi Akim tidak direpotkan dengan berbagai persoalan tanah nantinya.

“Intinya begini, percayakan pada kami untuk menyelesaikan persoalan itu, namun yang pasti akan diberikan yang terbaik bagi Andi Akim, dari pada harus tinggal menyendiri di lokasi wisata Poto Batu,” timpal Manurung. (kimt)

Don`t copy text!