fbpx
Relokasi Andi Akim Bakal Batal

Relokasi Andi Akim Bakal Batal

Taliwang, KOBAR – Pemindahan gubuk milik Andi Akim yang berada di sekitar objek wisata Poto Batu bakal gagal dilaksanakan, lantaran lokasi yang menjadi tujuan belum ada.

Relokasi gubuk milik Andi Akim pernah diwacana Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), lantaran merasa prihatin dengan kondisi gubuk tersebut, termasuk sebagai bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat, namun wacana itu belum juga terealisasi, padahal sudah diminta beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk menindaklanjutinya.

SKPD yang diminta untuk memikirkan solusi dan cara melakukan relokasi pada saat itu adalah, Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disosnakertrans), Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif (Disparekraf) dan Dinas Pekerjaan Umum (DPU).

Kabid Sosial, Manurung SPd yang ditemui media ini selasa 21/10 kemarin mengaku jika telah melakukan koordinasi dengan beberapa pihak, termasuk pemerintah Kelurahan Telaga Bertong, karena rencana awal relokasi dilakukan di sekitar Poto Batu itu sendiri, “Koordinasi sudah kami lakukan, jadi bukan tanggung jawab penuh kami untuk melakukan relokasi itu,” tandas Manurung.

Diingatkan Manurung, pihaknya telah mempersiapkan anggaran untuk pembelian material rumah yang akan dibangun untuk Andi Akim, namun lokasi yang akan menjadi titik lokasi pembangunan yang belum ada. “Kami tidak memiliki anggaran untuk pembelian tanah, jadi berharap kepada berbagai pihak yang terlibat untuk memikirkan solusinya, bukan melempar kesalahan pada bagian sosial,” timpal Manurung.

Masih keterangan Manurung, salah satu langkah yang telah dilakukan pihaknya adalah pendekatan dengan keluarga dari Andi Akim, agar bisa mengajak untuk mau direlokasi pada tempat yang representatif. “Saya sudah datangi beberapa keluarganya untuk membantu meminta agar mau direlokasi, karena saat ditemui yang bersangkutan tetap menolak, upaya itu sepertinya berhasil dan tinggal jadwal relokasinya. Tahapan itu sendiri sudah saya lakukan,” tegas Manurung.

Kemungkinan relokasi Andi Akim bakal gagal, mengingat sampai saat ini belum ada juga lahan yang akan dipergunakan untuk lokasi pembangunan, sementara anggaran yang dimiliki untuk pembangunan rumah Andi Akim harus dikembalikan ke kas kalau sampai akhir tahun tidak bisa dipergunakan. (kimt)

Don`t copy text!