Portal CPNS Belum Bisa Diakses

Menu

Mode Gelap

PULAU SUMBAWA · 17 Sep 2014

Portal CPNS Belum Bisa Diakses


Portal CPNS Belum Bisa Diakses Perbesar

Taliwang, KOBAR – Proses pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2014 jalur umum untuk Kabupaten Sumbawa Barat (KSB)sampai saat ini belum dibuka, sehingga wajar portal pendaftaran belum bisa diakses.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Latihan (BK Diklat) KSB, Abdul Malik Nurdin S.Sos, MSi yang dikonfirmasi melalui selularnya minggu 14/9 kemarin mengakui jika belum ada sinyal dari pemerintah provinsi mulai pembukaan pendaftaran. “Masalahnya masih sama seperti sebelumnya, masih menunggu keputusan Gubernur NTB,” ucap Malik Nurdin sapaannya.

Diingatkan Malik Nurdin jika urung diumumkan formasi tidak ada yang dirugikan, karena ada kesepakatan bahwa untuk wilayah NTB akan diumumkan dan pelaksanaan secara serentak, agar tidak ada daerah yang membludak pendaftar. ”Pelaksanaan secara serentak untuk mengantisipasi terjadinya membludaknya pendaftar,” lanjut Malik Nurdin.

Belum dibukanya portal pendaftaran CPNS untuk kabupaten/kota di NTB sempat membuat risau ribuan calon pelamar yang sudah menunggu sejak pekan lalu. Apalagi, di beberapa daerah, formasi CPNS yang dibutuhkan tahun ini sudah mulai diumumkan. Hanya saja, untuk proses pendaftarannya belum dilakukan.

Menanggapi hal itu, Malik menegaskan, batas akhir pendaftaran CPNS jalur umum via online ini tetap mengacu pada aturan yang berlaku. Dimana batas akhir pendaftarannya dilakukan paling telat 14 hari setelah  formasi tersebut diumumkan. Karena semua kabupaten/kota di NTB termasuk Pemrov sendiri sepakat membuka pendaftaran secara serentak.

Pengadaan dan rekrutmen CPNS tahun ini dipastikan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Dimana semua soal CPNS yang akan diisi oleh calon pelamar semua dilakukan via computer. Penggunaan CAT di NTB sendiri terbilang masih sangat baru, terutama bagi Sumbawa Barat.

Bahkan untuk proses rekrutmen CPNS ini, KSB bahkan harus menyediakan sejumlah fasilitas pendukung, mulai dari computer yang disesuaikan dengan standar (spek) yang ditetapkan Kemenpan dan RB  maupun jaringan dan server khusus dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN).

Menyinggung soal persiapan KSB sendiri, mantan Sekban BK Diklat KSB ini menegaskan, sejauh ini pemda KSB masih mengupayakan melengkapi semua fasilitas pendukung CAT. Terutama jaringan dan server khusus CAT dari BKN.

Seperti diketahui, KSB menjadi kabupaten dengan jumlah formasi terbanyak di NTB. Tahun ini, kabupaten penghasil tembaga dan emas itu mendapat 114 alokasi CPNS. Paling banyak untuk tenaga pendidik, disusul kesehatan dan tenaga tehnis administrasi. Sumbawa Barat juga membuka enam formasi yang dikhususkan untuk semua jurusan ilmu pendidikan baik strata satu (S1) maupun DIII/DIV.

Dari jumlah itu, tujuh formasi dipastikan hanya akan diisi oleh putra daerah setempat. Dimana calon pelamarnya akan diseleksi ketat menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Formasi yang dikhususkan bagi putra lokal itu antara lain S1 PGDS, Keperawatan, Kebidanan, formasi untuk semua jurusan pendidikan yang ditempatkan sebagai tenaga auditor dan pemeriksa serta pelatih olahraga untuk atlet berprestasi. (kimt)

About The Author

Trending di KOBARKSB.com

  • 62
    Pendaftaran CPNS KSB Tahun 2018 DibukaTaliwang, KOBAR - Berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Nomor 505 Tahun 2018, tanggal 30 Agustus 2018, tentang Rincian Penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) Tahun Anggaran 2018, dan Keputusan Bupati Sumbawa Barat, Nomor  2044, Tahun 2018, tanggal 19 September 2018, Tentang…
  • 58
    Dipastikan, Ada Formasi Wajib Ber-KTP KSBTaliwang, KOBAR - Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) sudah menerima formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk tahun 2014, namun belum bisa dipublikasi secara terbuka, lantaran masih menunggu keputusan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) tentang jadwal pelaksanaan seleksi. Meskipun belum diumumkan secara terbuka, bisa dipastikan ada beberapa formasi yang mewajibkan peminatnya…
  • 55
    PNS Hati-hati Berpose Selama Masa Kampanye Pilkada NTBTaliwang, KOBAR  - Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN) pada masa kampanye Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Nusa Tenggara Barat (NTB), 15 Februari sampai dengan 23 Juni 2018, harus berhati-hati ketika berpose menggunakan jari tangannya di media sosial, apalagi foto bersama peserta pilkada. Meski pose jari telunjuk dan…
  • 55
    Hindari Aliran Air Tersumbat, BPSDA Permak Saluran IrigasiSumbawa, KOBAR - Balai Pengelolaan Sumber Daya Air (BPSDA) Pulau Sumbawa, Dinas Pekerjaan Umum (DPU), Nusa Tenggara Barat (NTB), melakukan langkah-langkah percepatan normalisasi aliran irigasi yang menjadi tanggung jawab pemerintah Provinsi NTB. Memasuki musim tanam awal tahun ini, BPSDA bekerja sama dengan Kelompok Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A) menggelar…
  • 54
    Pendaftaran Online Ditutup Dengan 4.941 OrangTaliwang, KOBAR - Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) secara online telah ditutup. Jumlah pendaftar secara keseluruhan yang telah diterima sebanyak 4.941 orang atau lebih kecil dari prediksi awalnya. Prediksi awal jumlah pelamar bisa mencapai 6 ribu, jika semua formasi dibuka secara umum, sementara ada 7 formasi yang dibuka khusus bagi…
  • 54
    Dipastikan, Seleksi CPNS KSB Dilaksanakan Di ProvinsiTaliwang, KOBAR - Jadwal seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) lingkup Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) untuk tahun 2014 belum bisa ditetapkan, lantaran masih menunggu keputusan pemerintah pusat melalui Kementeri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) selaku pemilik kewenangan. Meskipun jadwal seleksi belum ada, namun sudah bisa dipastikan bahwa…

Eksplorasi konten lain dari KOBARKSB.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Amman Mineral Kembali Berangkatkan 32 Pelajar Penerima Beasiswa AMMAN Scholars

19 Juli 2024 - 16:57

Amman Mineral Kembali Berangkatkan 32 Pelajar Penerima Beasiswa AMMAN Scholars - Beasiswa AMMAN Scholars 2024

Alarm Darurat Pendidikan: 1.235 Orang Anak Putus Sekolah SD di NTB

8 Juli 2024 - 19:29

Alarm Darurat Pendidikan 1.235 Orang Anak Putus Sekolah SD di NTB - Siswi Sekolah Dasar (SD)

Muhammadiyah Tetapkan 11 Maret 2024 Jadi Awal Puasa 1 Ramadan 1445 H

1 Februari 2024 - 18:43

Muhammadiyah Tetapkan 11 Maret 2024 Jadi Awal Puasa 1 Ramadan 1445 H - Haedar Nashir - Ketua Umum PP Muhammadiyah

PT Trakindo Utama Buka Lowongan Kerja Untuk Tamatan SMA dan SMK

12 Januari 2024 - 15:30

PT Trakindo Utama Buka Lowongan Kerja Untuk Tamatan SMA dan SMK - Loker Trakindo

PT Freeport Indonesia Buka 38 Lowongan Kerja Terbaru Untuk Fresh Graduate

8 Oktober 2023 - 18:01

PT Freeport Indonesia Buka 38 Lowongan Kerja Terbaru Untuk Fresh Graduate - Tambang Emas Freeport Indonesia

Seleksi Calon ASN 2023 Segera Dibuka, Kuota PPPK Lebih Banyak Dibanding CPNS

12 Agustus 2023 - 20:27

Seleksi Calon ASN 2023 Segera Dibuka, Kuota PPPK Lebih Banyak Dibanding CPNS - Seleksi PPPK 2023 - CASN 2023
Trending di LOWONGAN KERJA
Don`t copy text!