11/07/2020

Arpusda Sudah Mulai Melakukan Akuisisi Arsip

Taliwang, KOBAR – Kantor Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sumbawa Barat (Arpusda KSB) sudah mulai melakukan akuisisi arsip milik beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Kepala Arpusda, Muhammad Yakub S.Sos yang ditemui dalam ruang kerjanya mengaku, arsip yang akan diakuisisi dari semua SKPD untuk dikumpulkan tidak asal arsip, tetapi hanya arsip yang bernilai sejarah atau memiliki hubungan keberlanjutan terhadap pemerintahan yang diakuisisi.

Arsip yang menjadi target pengejaran untuk diakuisi itu sendiri harus bernilai sejarah, memuat tentang Peraturan Daerah (Perda), Peraturan Bupati (Perbup) atau aturan lain yang bisa juga bernilai pendidikan bagi generasi berikutnya. “Nanti akan terbentuk museum arsip, jadi masyarakat umum atau dunia pendidikan bisa membaca sejarah KSB maupun sejarah masyarakat dulu di kantor Arpusda,” lanjut Yakub.

Baca Juga :  Komisi II Tagih Janji Bulog NTB

Dicontohkan Yakub, saat ini pihak Arpusda telah memiliki arsip pembentukan KSB, termasuk arsip tentang sepak terjang Persatuan Sepakbola Taliwang (Persital) sejak dulu, sehingga generasi mendatang mengetahui siapa saja pemain persital pada jaman sebelum terbentuk Bumi Pariri Lema Bariri atau pemain pertama Persital.

Masih keterangan Yakub, sampai saat ini memang belum semua arsip penting yang dibutuhkan dari SKPD berhasil diakuisisi, sehingga pihaknya terus membangun komunikasi untuk segera menyerahkan arsip yang dimaksud. “Kami terus mengejar arsip di SKPD untuk bisa diakuisisi dan berharap kerjasama dari SKPD itu sendiri,” tegas Yakub.

Baca Juga :  PTAKAS Dituding Ingkar Janji

Disampaikan Yakub, tidak sedikit arsip yang telah diterima harus dikembalikan lagi, karena saat menerima arsip dari SKPD, tim arpusda akan melakukan pengecekan, apakah arsip itu masuk kategori untuk diakuisisi atau tidak. “Yang tidak memenuhi syarat pasti dikembalikan ke SKPD bersangkutan,” lanjut Yakub. (Kimt)

loading...
Bagikan di:

KOMENTAR

Komentar