Cegah PMK Masuk, Karapan Kerbau di Sumbawa Barat Dibatasi

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

Cegah PMK Masuk, Karapan Kerbau di Sumbawa Barat Dibatasi - Berapan Kebo - Tradisi Budaya Masyarakat Suku Sumbawa Pulau Sumbawa

Cegah PMK Masuk, Karapan Kerbau di Sumbawa Barat Dibatasi

Taliwang, KOBARKSB.com – Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang sedang melanda sejumlah daerah di Indonesia menjadi perhatian serius Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui Dinas Pertanian setempat. Kendati kasus PMK belum terjadi di Sumbawa Barat.

“Sampai hari ini, kasus PMK di tempat kita masih nol. Akan tetapi kita tetap waspada dan terus melakukan antisipasi,” tutur Suhadi, Kepala Dinas Koperindag KSB, kepada awak media ini, Senin, (8/8).

Salah satu diantaranya, jelas Suhadi, adalah memperketat arus keluar masuk ternak di KSB. Untuk itu, kata Suhadi, pihaknya tetap terus menjalin koordinasi secara intensif dengan aparat kepolisian setempat.

Aparat Gabungan Awasi Lalu Lintas Ternak yang Masuk Sumbawa Barat

“Kegiatan berapan kebo kita batasi. Peserta berapan dari luar KSB kita larang masuk. Orang KSB juga kita larang ikut berapan kebo di luar KSB,” terang Suhadi.

Hal itu dilakukan pihaknya, tegas Suhadi, untuk mencegah virus PMK masuk ke dalam wilayah Sumbawa Barat.

“Penyebaran virus PMK ini sangat cepat. Virus menyebar melalui udara dalam radius 10 km. Jika sudah masuk ke tempat kita, maka virus tersebut cepat sekali menyebar dan berkembang. Itu yang kita jaga, agar jangan sampai terjadi,” demikian Kadis Pertanian KSB. (kdon)

About Post Author

Don`t copy text!