16 Kades di KSB Akan Berhenti, Pilkades Serentak Segera Digelar

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

16 Kades di KSB Akan Berhenti, Pilkades Serentak Segera Digelar - Desa Sapugara, Bree Brang Rea, Sumbawa Barat

16 Kades di KSB Akan Berhenti, Pilkades Serentak Segera Digelar

Taliwang, KOBARKSB.com – Sebanyak 16 orang Kepala Desa (Kades) yang terdapat di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), dilaporkan akan habis masa jabatan mereka tahun ini. Untuk itu, Pemerintah setempat melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) dijadwalkan akan menggelar Pilkades Serentak untuk 16 Desa pada bulan Oktober 2022.

Rapat Persiapan Pilkades Serentak di Sumbawa Barat

“Anggaran untuk Pilkades Serentak telah disiapkan sebesar Rp 2,2 miliar, termasuk di dalamnya biaya pengamanan sebesar Rp 900 juta,” beber Ibrahim, Kepala DPMD KSB, kepada awak media ini, Jum’at, (15/7).

Sedangkan tahapan pelaksanaan Pilkades Serentak tersebut, terang Ibrahim, telah dimulai pada tanggal 7 Juni 2022. Pendaftaran bakal calon Kades akan dibuka pada tanggal 19-27 Agustus 2022. 

“Pemungutan suara akan dilaksanakan pada tanggal 23 Oktober 2022, sedangkan pelantikan Kepala Desa terpilih dilakukan pada tanggal 13 Desember 2022,” jelas Ibrahim.

Rapat Persiapan Pilkades Serentak di Sumbawa Barat

Adapun 16 Desa yang akan melaksanakan Pilkades Serentak pada bulan Oktober mendatang, ungkap Ibrahim, adalah sebagai berikut: Kecamatan Taliwang; Desa Tamekan, Desa Banjar, dan Desa Batu Putih. Kecamatan Seteluk; Desa Seteluk Atas, Desa Ai Suning. Kecamatan Brang Rea; Desa Desa Beru, Desa Bangkat Monteh, dan Desa Sapugara Bree. Kecamatan Brang Ene; Desa Lampok dan Desa Manemeng. Kecamatan Sekongkang; Desa Sekongkang Atas. Kecamatan Maluk; Desa Maluk, Desa Bukit Damai, Desa Mantun, dan Desa Pasir Putih. Kecamatan Poto Tano; Desa Poto Tano.

“Semua Kades di 16 Desa tersebut masa jabatan mereka akan berakhir pada bulan Desember 2022. Sehingga Plt Kades kemungkinan tidak akan ada, kecuali ada hal-hal tertentu yang terjadi kemudian,” demikian Kepala DPMD KSB. (kdon)

About Post Author

Don`t copy text!