Suhu Dingin Ekstrem Melanda NTB, Ini Penjelasan BMKG

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

Suhu Dingin Ekstrem Melanda NTB, Ini Penjelasan BMKG - Suhu Dingin di NTB

Suhu Dingin Ekstrem Melanda NTB, Ini Penjelasan BMKG

Mataram, KOBARKSB.com – Jika Anda bermukim di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Anda tentu mengalami suhu dingin menusuk tulang pada malam hari selama beberapa hari terakhir. BMKG memperkirakan kondisi seperti ini akan terjadi hingga bulan Agustus mendatang.

Sumber: Foreca Weather API, Foreca, Ltd.

“Hingga Agustus 2022, suhu dingin akan meliputi bagian wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat pada malam hari sampai menjelang pagi,” kata Aprilia Mustika Dewi, Prakirawan BMKG NTB, Jum’at, (8/7).

Sumber: Foreca Weather API, Foreca, Ltd.

Menurut Aprilia, hal itu juga pertanda bahwa musim kemarau telah tiba. Sebab pada musim kemarau, kata Aprilia, kelembaban udara yang relatif rendah dan tutupan awan yang sedikit, membuat suhu udara lebih dingin pada malam hingga menjelang pagi.

Sumber: Foreca Weather API, Foreca, Ltd.

“Ketika musim kemarau telah tiba, suhu udara akan lebih terasa dingin hingga 21 derajat. Sehingga suhu akan terasa lebih dingin dari biasanya,” ujarnya.

Di samping itu, tambahnya, kondisi suhu udara pada malam musim kemarau dipengaruhi oleh angin monsun Australia dengan massa udara kering dan dingin yang bergerak dari Australia menuju ke Asia melewati wilayah Indonesia, khususnya Nusa Tenggara Barat.

Sumber: Foreca Weather API, Foreca, Ltd.

“Khusus Nusa Tenggara Barat suhu akan terasa lebih dingin dari biasanya, karena dipengaruhi oleh angin monsun Australia yang membawa massa udara kering dan bersifat dingin. Angin tersebut bergerak dari Australia menuju Asia melewati Indonesia,” demikian Prakirawan BMKG NTB. (klar)

About Post Author

Don`t copy text!