Curah Hujan Tinggi Melanda NTB, Masyarakat Diminta Waspada Bencana Hidrometeorologi

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

Curah-Hujan-Tinggi-Melanda-NTB-Masyarakat-Diminta-Waspada-Bencana-Hidrometeorologi-Hujan-Lebat-di-Mataram-Lombok-NTB

Curah Hujan Tinggi Melanda NTB, Masyarakat Diminta Waspada Bencana Hidrometeorologi

Mataram, KOBARKSB.com – Pada dasarian I bulan Desember 2021, BMKG memperkirakan akan terjadi hujan dengan intensitas cukup tinggi secara merata di wilayah Pulau Lombok dan Kabupaten Sumbawa Barat. Oleh karena itu, BMKG mewanti-wanti masyarakat untuk selalu waspada terhadap potensi bencana hidrometeorologi, yaitu, hujan lebat disertai angin kencang serta kilat atau petir, pohon tumbang, banjir, tanah longsor, hingga banjir bandang.

Banjir di Wilayah Gunungsari, Lombok Barat, Senin, (6/12).

“Pada dasarian I Desember 2021, terdapat potensi terjadinya hujan dengan intensitas menengah (>50 mm/dasarian) yang cukup tinggi (70% – >90%), yang terjadi secara merata, khususnya di wilayah Pulau Lombok dan Kabupaten Sumbawa Barat. Hujan dengan intensitas >100 mm/dasarian juga berpotensi terjadi secara merata hampir di seluruh wilayah NTB dengan peluang sebesar 10 – 40%,” jelas Afriyas Ulfah, Prakirawan BMKG Stasiun Klimatologi Lombok Barat, dalam siaran pers, Senin, (6/12).

Prakiraan Curah Hujan NTB Dasarian I Desember 2021

Indeks ENSO, lanjutnya, memenuhi kriteria La-Nina Moderat yang mulai terjadi pada penghujung bulan November 2021. Kondisi La Nina diprediksi akan berlangsung hingga Juni tahun 2022. Indeks Dipole Mode menunjukkan kondisi IOD Netral (Indeks IOD terkini -0.40), kondisi IOD diprediksi cenderung Netral hingga pertengahan tahun 2022. Secara umum angin monsoon sudah mulai masuk angin baratan di wilayah Indonesia, seperti, Sumatera, Kalimantan, Jawa dan Bali Nusa Tenggara, termasuk wilayah NTB.

“Monsun Asia (Angin Baratan) diprediksi akan semakin aktif dan kuat pada bulan Desember 2021 hingga Januari 2022. Anomali OLR menunjukkan adanya wilayah potensi pertumbuhan awan yang relatif cukup banyak di wilayah Indonesia termasuk Provinsi NTB hingga pertengahan dasarian I Desember 2021,” bebernya.

Prakiraan Curah Hujan NTB Dasarian II Desember 2021

Peningkatan curah hujan yang mulai signifikan di Provinsi NTB, tambahnya, akan mengakibatkan potensi bencana hidrometeorologi menjadi meningkat. Sehingga masyarakat, kata Ulfah, dihimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi terjadinya kondisi ekstrim (hujan lebat, angin kencang, banjir, dst) secara tiba-tiba yang bersifat lokal. 

“Awal musim hujan 2021/2022 juga terpantau sudah semakin meluas di wilayah NTB. Tetap perhatikan informasi BMKG guna mengantisipasi dampak bencana maupun kerugian dalam perencanaan kegiatan anda, dan tetap selalu menjaga kesehatan di masa pandemi ini,” demikian Prakirawan BMKG Stasiun Klimatologi Lombok Barat. (klar)

About Post Author

Don`t copy text!