fbpx

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

Hujan Lebat

Waspada Hujan Lebat Sepanjang Hari Terjadi di NTB

Lombok Tengah, KOBAR – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meramalkan beberapa wilayah di Nusa Tenggara Barat (NTB) berpotensi hujan dengan intensitas lebat 3 hari ke depan, 22-24 Februari 2021. Untuk itu, masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi banjir dan tanah longsor yang dapat terjadi.

“Adanya potensi peningkatan kecepatan angin di wilayah NTB, serta potensi terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, disertai kilat/petir dan angin kencang, terjadi dari pagi hingga malam, sampai dini hari, di Kota Mataram, Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Utara, Lombok Timur, Sumbawa, Sumbawa Barat, Dompu, Kota Bima dan Bima,” kata Agastya Ardha Chandra Dewi, Prakirawan pada Stasiun Meteorologi ZAM, Praya, Lombok Tengah, dalam siaran pers, Senin, (22/2).

Musim hujan 2020-2021, jelasnya, dipengaruhi oleh fenomena iklim global La Nina yang dapat meningkatkan curah hujan hingga 40 persen. La Nina diperkirakan masih akan berlangsung setidaknya hingga Mei 2021. Saat ini, hampir sebagian besar wilayah NTB telah memasuki musim hujan.

“Kami mengimbau masyarakat untuk tetap tenang, namun waspada dan berhati-hati terhadap dampak cuaca ekstrem, seperti; banjir, pohon tumbang, tanah longsor, angin kencang, dan gelombang tinggi,” pesannya.

Sepekan ke depan juga, tambahnya, masyarakat diminta untuk mewaspadai peningkatan gelombang tinggi di sejumlah perairan di wilayah NTB. Yaitu, gelombang dengan ketinggian di atas 2 meter.

“Waspadai juga tinggi gelombang yang mencapai 2 meter atau lebih di Selat Lombok bagian utara, Selat Lombok bagian selatan, Selat Alas bagian selatan, Samudera Hindia selatan NTB, dan Selat Sape bagian selatan,” demikian Prakirawan Stasiun Meteorologi ZAM, Praya. (kdon)

Don`t copy text!