fbpx

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

Sumbawa Barat Berlakukan Moratorium Toko Modern - Nurdin Rahman - Kepala Dinas Koperindag KSB

Sumbawa Barat Berlakukan Moratorium Toko Modern

Taliwang, KOBAR – Oleh karena 2 brand toko modern, yaitu, Alfamart dan Indomaret telah berdiri pada setiap Kecamatan di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Maka Pemerintah setempat memutuskan untuk melakukan moratorium penerbitan Izin Usaha Toko Modern (IUTM) di KSB.

“Karena saat ini sudah ada 37 gerai toko modern yang berdiri, maka penerbitan izin usaha toko modern kita moratorium. Jumlah itu kami rasa cukup, karena mereka telah ada di setiap kecamatan, dan kita tidak ingin mereka ada di desa-desa,” tegas Nurdin Rahman, Kepala Dinas Koperindag KSB, kepada awak media ini, Jum’at, (29/10).

Alasan mendasar yang membuat pihaknya memutuskan hal itu, kata Nurdin, adalah karena pemerintah ingin membesarkan dan memberdayakan BUMDes-BUMDes yang ada di Desa-desa.

“Kita ingin besarkan BUMDes yang ada. BUMDes akan jadi Toko Pangan, dan menjual produk pertanian setempat. Jika setiap BUMDes bisa menjual hasil petani setempat, maka uang akan berputar di situ-situ saja,” tukasnya.

Nurdin Rahman Tinjau Pabrik Penggilingan Padi Milik BUMDes Desa Kemuning, Kecamatan Sekongkang.

Dengan demikian, kata Nurdin, maka roda ekonomi di daerah akan bergerak. Karena uang yang ada di KSB tidak keluar, tetapi berputar dan beredar di dalam KSB.

“Kita akan subsidi harga beras yang dijual, biar bisa bersaing dengan harga beras yang dijual di toko modern,” tandas Nurdin.

Adapun soal kemasan dan pemasarannya, tambah Nurdin, semuanya akan diintervensi pemerintah. 

“Pasarnya sudah jelas, yaitu, para ASN dan PTT. Beras yang akan diterima ASN dan PTT adalah beras lokal,” ujar Nurdin.

Hal tersebut, terangnya, telah sesuai dengan visi misi Bupati Sumbawa Barat tentang kemandirian ekonomi.

“Ini salah satu langkah kami untuk mewujudkan KSB BAIK, seperti yang diidamkan Pak Bupati,” tutup Nurdin Rahman. (kdon)

Don`t copy text!