fbpx
Rata-rata Belanja Rumah Tangga di Sumbawa Barat Rp 1.484.748 Setiap Bulan

Rata-rata Belanja Rumah Tangga di Sumbawa Barat Rp 1.484.748 Setiap Bulan

Taliwang, KOBAR – Rata-rata total pengeluaran per kapita sebulan menurut kelompok komoditas dan kelompok pengeluaran rumah tangga di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), diketahui sebesar Rp 1.484.748. Sedangkan untuk total jumlah belanja bukan makanan rumah tangga di KSB berkisar Rp 687.480 per bulan.

“Rata-rata pengeluaran per kapita sebulan adalah biaya yang dikeluarkan untuk konsumsi semua anggota rumah tangga selama sebulan, dibagi dengan banyaknya anggota rumah tangga. Pengeluaran untuk konsumsi makanan dihitung selama seminggu terakhir, sedangkan konsumsi bukan makanan dihitung sebulan dan setahun terakhir,” tutur Ir Muhammad Ahyar, Kepala BPS KSB, dalam rilis hasil Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) tahun 2020.

Rata rata Belanja Rumah Tangga di Sumbawa Barat Rp 1.484.748 Setiap Bulan Rumah Penduduk Sumbawa Barat 1
Rumah Penduduk Sumbawa Barat

Baik konsumsi makanan maupun bukan makanan, terangnya, selanjutnya dikonversikan ke dalam pengeluaran rata-rata sebulan. Angka konsumsi atau pengeluaran rata-rata per kapita yang disajikan dalam publikasi BPS, diperoleh dari hasil bagi jumlah konsumsi seluruh rumah tangga (baik mengonsumsi makanan maupun tidak) terhadap jumlah penduduk.

“Untuk padi-padian total pengeluaran per kapita sebulan Rp 88.440. Makanan dan minuman jadi sekitar Rp 274.637. Dan untuk total rata-rata keperluan pesta dan upacara, serta kenduri sebulan Rp 15.256,” beber Ahyar.

Rata rata Belanja Rumah Tangga di Sumbawa Barat Rp 1.484.748 Setiap Bulan Acara Kenduri Penduduk Sumbawa Barat
Acara Kenduri Penduduk Sumbawa Barat

Pengelompokan penduduk, jelasnya, berdasarkan kriteria Bank Dunia. Bank Dunia, katanya, mengelompokkan penduduk ke dalam 3 kelompok sesuai dengan besarnya pendapatan yang dapat didekati dengan besar pengeluaran, yaitu; 40% penduduk dengan pengeluaran rendah, 40% penduduk dengan pengeluaran menengah, dan 20% penduduk dengan pengeluaran tinggi.

“Sampel Susenas Maret 2020 untuk Kabupaten Sumbawa Barat sebesar 550 rumah tangga, yang tersebar di 8 kecamatan. Data yang dihasilkan cukup representatif untuk menghasilkan estimasi sampai dengan tingkat kabupaten/kota. Namun tidak dapat dibedakan menurut daerah tempat tinggal (perkotaan/perdesaan),” demikian Kepala BPS KSB. (kdon)

Don`t copy text!