fbpx
Mayoritas Penduduk Sumbawa Barat Generasi Z Alias Generasi Micin

Mayoritas Penduduk Sumbawa Barat Generasi Z Alias Generasi Micin

Taliwang, KOBAR – Berdasarkan hasil sensus penduduk yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2020, tercatat bahwa mayoritas penduduk Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) adalah Generasi Z (Gen Z) alias Generasi Micin. Dan Post Gen Z adalah generasi terbanyak di KSB selama tahun 2020.

“Jumlah penduduk Kabupaten Sumbawa Barat berdasarkan sensus penduduk tahun 2020 sebanyak 145.798 jiwa. Yang terdiri atas 73.687 jiwa penduduk laki-laki dan 72.111 jiwa penduduk perempuan. Generasi Post Gen Z merupakan generasi terbanyak yang ada di Sumbawa Barat selama tahun 2020,” beber Ir Muhammad Ahyar, Kepala BPS KSB, pada buku Kabupaten Sumbawa Barat dalam Angka Tahun 2021.

Generasi Z dan Generasi Post Gen Z Penduduk Sumbawa Barat 2
Generasi Z – Penduduk Sumbawa Barat

Sebab persentase penduduk menurut kelompok umur, jelasnya, menunjukkan bahwa penduduk berumur 0-9 tahun di KSB sebanyak 21,41 persen. Umur 10-19 tahun sebanyak 15,16 persen, umur 20-29 tahun sebanyak 16,04 persen, dan umur 30-39 tahun sebanyak 17,36 persen.

“Sedangkan umur 40 tahun hingga 49 tahun sebanyak 13,50 persen, 50 hingga 59 tahun 8,41 persen, dan umur 60 ke atas hanya 8,12 persen saja,” tandasnya.

Untuk diketahui, bahwa Generasi Z adalah generasi yang lahir dalam rentang tahun 1997 sampai dengan tahun 2012. Generasi Z adalah generasi setelah Generasi Milenial. Generasi ini merupakan generasi peralihan Generasi Milenial dengan teknologi yang semakin berkembang. Sedangkan Generasi Post Gen Z adalah generasi yang lahir dalam rentang tahun 2013 ke atas. 

Generasi Z dan Generasi Post Gen Z Penduduk Sumbawa Barat 3
Generasi Z – Penduduk Sumbawa Barat

Menurut teori generasi yang dikemukakan Graeme Codrington & Sue Grant-Marshall, Penguin, Tahun 2004. Ada 5 generasi manusia berdasarkan tahun kelahirannya, yaitu; Pertama, Generasi Baby Boomer, lahir 1946-1964. Kedua, Generasi X, lahir 1965-1980. Ketiga, Generasi Y, lahir 1981-1994, atau yang sering disebut Generasi Millennial. Keempat, Generasi Z, lahir 1995-2010, atau disebut juga iGeneration, GenerasiNet, Generasi Internet. Dan yang kelima, adalah Generasi Alpha, lahir 2011-2025. Kelima generasi tersebut memiliki perbedaan pertumbuhkembangan kepribadian.

Generasi Z dikenal lebih mandiri daripada generasi sebelumnya. Mereka tidak menunggu orang tua untuk mengajari hal-hal atau memberi tahu mereka bagaimana membuat keputusan. Apabila diterjemahkan ke tempat kerja, generasi ini berkembang untuk memilih bekerja dan belajar sendiri. Generasi Z benar-benar generasi pertama dunia digital. Smartphone dan media sosial tidak dilihat sebagai perangkat dan platform, tapi lebih pada cara hidup.

Generasi Z dan Generasi Post Gen Z Penduduk Sumbawa Barat 1
Generasi Z – Penduduk Sumbawa Barat

Sebagai generasi yang terlahir di era digital, akses internet telah menjadi kebutuhan bagi Generasi Z. Aktivitas yang paling banyak dilakukan oleh Generasi Z dengan internet adalah berinteraksi melalui media sosial, menjelajah internet, bermain game dan mendengarkan musik. Generasi Z di Indonesia juga sering disebut sebagai Generasi Micin, karena pola hidup mereka yang serba instan.

“Gen Z adalah masa depan, karena itu penting bagi para pelaku industri untuk memahami perilaku dan kebiasaan mereka. Lahir pada era digital, Gen Z memiliki kebiasaan yang sangat berbeda dengan generasi sebelumnya, dan bahkan pada usia yang sangat muda mereka sudah memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap keputusan membeli dalam keluarga. Pemahaman mengenai perilaku dan kebiasaan mereka dalam mengkonsumsi media akan membuka peluang bagi para pemilik brand dan pemasar untuk dapat membangun hubungan jangka panjang dengan mereka,” terang Hellen Katherina, Executive Director, Nielsen Indonesia. (kdon)

Don`t copy text!