fbpx
Bupati Sumbawa Barat Larang Takbir Keliling Hari Raya Idul Fitri

Bupati Sumbawa Barat Larang Takbir Keliling Hari Raya Idul Fitri

Taliwang, KOBAR – Sesuai instruksi Pemerintah Pusat, melalui Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, yang melarang takbir keliling pada malam Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah. Bupati Sumbawa Barat, H W Musyafirin, pada Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Rinjani 2021, di Polres Sumbawa Barat, juga menegaskan larangan tersebut di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB).

“Hari Raya Idul Fitri dirayakan oleh mayoritas masyarakat Indonesia. Peningkatan aktivitas masyarakat akan terwujud dalam bentuk kegiatan ibadah dan kegiatan masyarakat di sentra-sentra ekonomi, destinasi pariwisata, serta kegiatan budaya, seperti, takbir keliling dan halal bi halal. Hal ini, tentu saja sangat berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas, gangguan kamseltibcar lantas, dan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19,” kata Bupati, Rabu, (5/5).

Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Rinjani 2021 2
Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Rinjani 2021 di Polres Sumbawa Barat

Oleh karena itu, lanjut Bupati, apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat Rinjani 2021, dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah. Baik pada aspek personil, maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait, seperti TNI, Pemda, dan mitra kamtibmas.

Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Rinjani 2021 Inspeksi Pasukan
Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Rinjani 2021 di Polres Sumbawa Barat

“Oleh karena itu, Polri menyelenggarakan Operasi Ketupat Rinjani 2021. Operasi ini akan dilaksanakan selama 12 hari. Terhitung mulai tanggal 6 sampai tanggal 17 Mei 2021, dengan tema sinergitas Polri dengan instansi terkait dalam memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan idul fitri 1442 hijriah,” jelasnya.

Pada pelaksanaan Operasi Ketupat Rinjani kali ini, terangnya, Polres Sumbawa Barat akan mendirikan 3 pos terpadu. Yang terdiri dari 2 pos terpadu pelayanan dan 1 pos pam pengamanan, yang akan melibatkan TNI, Polri, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Senkom Mitra Polri, Pramuka, Kesehatan, Damkar, dan Dinas BPBD KSB.

Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Rinjani 2021 1
Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Rinjani 2021 di Polres Sumbawa Barat

Tujuan operasi ketupat rinjani ini, tambahnya, agar masyarakat dapat merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan rasa aman, nyaman, serta terhindar dari bahaya Covid-19. Sebab kondisi aman dan kondusif, kata Bupati, merupakan dambaan setiap warga negara. 

“Gelar pasukan ini serentak dilaksanakan, mulai dari Mabes Polri hingga jajaran yang ada di wilayah tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota. Dalam pelaksanaan Operasi Ketupat Rinjani ini, diharapkan kepada seluruh personil untuk menjaga fisik dan kesehatan selama menjalankan tugas,” demikian Bupati Sumbawa Barat. (kdon)

Don`t copy text!