fbpx

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

Tuntas STBM di Sumbawa Barat - Program Kerja 100 Hari Bupati Sumbawa Barat - Konferensi Pers STBM di KSB

67% Warga Sumbawa Barat Telah Tuntas STBM Pilar 4 dan 5

Bupati: Saya Bangga Pada ASN dan PTT KSB

Taliwang, KOBAR – Aksi tuntas Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) untuk pilar 4, yakni, pengelolaan sampah rumah tangga, dan pilar 5, yaitu, pengelolaan limbah cair rumah tangga, di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), dilaporkan telah mencapai 67 persen.

Aksi ini merupakan bagian dari program kerja 100 hari Bupati Sumbawa Barat, Dr Ir H W Musyafirin MM. Pada aksi ini, seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pegawai Tidak Tetap (PTT) di KSB dilibatkan sebagai motor penggerak. 

Untuk itu, Bupati menerbitkan Instruksi Bupati Sumbawa Barat Nomor 188.5/165/BKPSDM/2021, tanggal 15 Maret 2021, tentang Peran Aktif Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pegawai Tidak Tetap (PTT), dalam Program Penuntasan 5 Pilar STBM. 

Dalam instruksi tersebut, Bupati mengangkat beberapa koordinator program dan wilayah, yang terdiri atas, koordinator urusan pengelolaan sampah, koordinator urusan pengelolaan air limbah, koordinator urusan pola hidup bersih dan sehat, koordinator penegakan aturan, serta koordinator ASN dan PTT tingkat Kabupaten dan tingkat Kecamatan.

“Saya terharu, saya bangga pada para ASN dan PTT. Dengan semangat luar biasa, telah memberikan bantuan tenaga dan materil, demi memberikan kesadaran kepada masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan tetap bersih dan sehat. Meski IPAL itu belum terpasang semua di rumah warga, namun upaya memberikan kesadaran masyarakat itu yang paling penting,” kata Bupati, Jum’at, (21/5), dalam konferensi pers, di aula gedung Setda KSB.

Jelas Bupati, bahwa sejak dirinya dilantik hingga saat ini. Pihaknya sudah melewati waktu 85 hari untuk menuntaskan pilar ke-4 dan ke-5 STBM. Yang berarti juga, katanya, bahwa tersisa tinggal 15 hari lagi program kerja 100 harinya akan berakhir.

“Hasil rekapitulasi aksi lapangan penuntasan pilar 4 dan pilar 5 STBM se-KSB, capaian rata-rata pilar 4, 67,64 persen, dan pilar 5 telah mencapai 66,34 persen. Saya optimis program STBM hingga pilar akhir akan berjalan sukses, sesuai target yang diharapkan,” tandas Bupati Sumbawa Barat.

Sementara itu, Seorang PTT yang terlibat dalam aksi 100 hari program Bupati, menilai, bahwa peran masyarakat dalam aksi kali ini sangat rendah. Ia pun menduga, bahwa masyarakat mungkin menganggap program tersebut merupakan tugas para ASN dan PTT saja. Sehingga keterlibatan mereka dalam menyukseskan program kerja 100 hari Bupati bisa dibilang acuh tak acuh.

“Ada pesan yang belum sampai ke masyarakat terkait penuntasan STBM Pilar 4 dan 5. Bisa jadi karena rapat sosialisasi hanya melibatkan para ASN, PTT, RT, dan kalangan pemerintah lainnya saja, lalu pesan tersebut tidak sampai ke masyarakat umum,” tutur seorang PTT, yang enggan namanya disebutkan, kepada media ini, Minggu, (23/5).

Padahal, maksud dan tujuan Bupati, terangnya, yakni menginstruksikan kepada pegawai pemerintah untuk ikut andil sebagai contoh dan penggerak kegiatan di tengah masyarakat. Dengan harapan, agar pola pikir masyarakat umum bisa berubah, mengikuti tingkah dan laku para ASN dan PTT. 

Juga, tambahnya, agar supaya revolusi mental yang digaungkan Bupati, benar-benar terjadi di KSB. Khususnya, terkait revolusi masyarakat peduli lingkungan. 

 “Sedikit sekali terlihat masyarakat umum yang hadir pada saat gotong royong. Kebanyakan pegawai pemerintah. Bahkan undangan rapat sosialisasi sekalipun, hanya diterima oleh ASN dan PTT. Meski dalam rapat sosialisasi tersebut hanya membahas soal iuran dan tugas para ASN dan PTT, dalam upaya mensukseskan program 100 hari Bupati. Namun, seharusnya masyarakat umum juga ikut dilibatkan,” pungkasnya. (ksup)

Don`t copy text!