fbpx
Gempa M 4,7 Guncang Sumbawa Barat, Getaran Terasa Hingga Bali

Gempa M 4,7 Guncang Sumbawa Barat, Getaran Terasa Hingga Bali

Taliwang, KOBAR – Gempa tektonik berkekuatan magnitudo 4,7 terjadi di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Nusa Tenggara Barat (NTB), pada hari Minggu, (14/2), pukul 08.39.57 WITA. Getaran gempa terasa hingga Denpasar, Bali.

“Hasil analisa BMKG menunjukkan, bahwa gempa bumi ini berkekuatan M=4,7. Episenter terletak pada koordinat 8,92 LS dan 116,96 BT. Atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 21 km Tenggara, Sumbawa Barat, NTB,  pada kedalaman 10 km,” jelas Ardhianto Septiadhi SSi, Kepala Stasiun Geofisika Mataram, dalam siaran persnya, Minggu, (14/2).

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, lanjutnya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal, akibat adanya aktivitas sesar lokal. Hasil analisis mekanisme sumber, katanya, menunjukkan gempa ini diakibatkan oleh sesar geser (strike slip fault).

“Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat, berupa guncangan dirasakan di Sumbawa Barat, Mataram, Denpasar, Kuta II MMI (Getaran tidak dirasakan kecuali dalam keadaan luar biasa oleh beberapa orang),” tutur Ardhianto.

Hingga pukul 09:00 WITA, terangnya, hasil monitoring BMKG tidak menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan. Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu hoaks.

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG, yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi,” tutup Kepala Stasiun Geofisika Mataram. (kdon)

Don`t copy text!