fbpx
Dari Lombok Timur, Perang Lawan Rentenir Berbasis Masjid di NTB Dimulai

Dari Lombok Timur, Perang Lawan Rentenir Berbasis Masjid di NTB Dimulai

Keruak, KOBAR – Hari ini, Rabu, (12/8), bertempat di Masjid Keruak, Kabupaten Lombok Timur (LOTIM), Nusa Tenggara Barat (NTB), MAWAR EMAS, Program Melawan Rentenir Berbasis Masjid, diluncurkan oleh Gubernur NTB, Dr H Zulkieflimansyah SE MSc, atau yang akrab dipanggil Bang Zul.

mawar emas keruak
Bang Zul bersama jajaran di Masjid Keruak, Lombok Timur, Rabu, (12/8).

“Program Mawar Emas atau Program Melawan Rentenir Berbasis Masjid, adalah Program kami untuk membantu UKM dan pedagang-pedagang kecil yang selama ini lebih nyaman dan lebih mudah meminjam ke rentenir berbunga tinggi,” kata Bang Zul, di hadapan para jamaah masjid.

Akibat maraknya orang meminjam uang ke rentenir dan berbunga tinggi, lanjut Bang Zul, akhirnya jadi beban yang sangat berat bagi si peminjam, dan membuat lingkaran setan kemiskinan yang susah diputus. 

mawar emas 1
Bang Zul serahkan “Mawar Emas”, ke seorang warga Lombok Timur, Rabu, (12/8).

“Dengan Program Mawar Emas ini, pedagang dan masyarakat kecil sekarang difasilitasi dan didekatkan dengan institusi keuangan seperti Bank NTB Syariah. Sehingga mampu meminjam dan memperoleh modal di Bank NTB Syariah dengan lebih mudah dan lebih nyaman dibandingkan ke rentenir. Dan basisnya di masjid,” tutur Gubernur.

Bang Zul pada kesempatan itu, menyampaikan terima kasihnya kepada Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) NTB, OJK, Bank NTB, PNM, dan semua institusi pendukung, yang telah membuat program ini menjadi mungkin terlaksana.

mawar emas 2
Penerima “Mawar Emas” berpose dengan Bang Zul, Rabu, (12/8).

“Mudah-mudahan dengan masyarakat kecil bisa meminjam uang dan modal ke masjid akan membuat masjid selain sebagai pusat ibadah, bisa sekaligus menjadi pusat ekonomi dan sosial. Hari ini kami mulai dari Lombok Timur, untuk selanjutnya menyusul di Kabupaten dan Kota-kota se-NTB,” tutup Bang Zul, Gubernur NTB. (kdon)

Don`t copy text!