05/08/2020

Gandeng Takmir Masjid, Bang Zul Siap Lawan Rentenir Dengan “Mawar Emas”

Dr. H. Zulkieflimansyah, SE, M.Sc.

Mataram, KOBAR – Berawal dari keprihatinan Dr H Zulkieflimansyah SE MSc, Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), dengan masih banyaknya masyarakat yang terjerat rentenir di NTB, maka Bang Zul menggagas gerakan “Melawan Rentenir Berbasis Masjid”, atau yang disingkat “Mawar Emas”.

Ide ini bermula dari kegiatan safari subuh yang rutin dilakukan Gubernur NTB. Pada setiap kesempatan, Gubernur selalu menyampaikan agar masjid-masjid tidak hanya menjadi tempat melakukan kegiatan ibadah saja, melainkan mampu menjadi tempat mendorong kemajuan ekonomi umat. 

“Masjid bukan hanya tempat untuk membahas masa depan di akhirat, namun juga sebagai tempat menyelesaikan permasalahannya di dunia,” tutur Gubernur, dalam acara Pembukaan Pelatihan Program ‘Mawar Emas’ bagi Takmir Masjid se-Pulau Lombok, di Aula Islamic Center NTB, Selasa, (21/7).

Bang Zul saat membuka pelatihan pendampingan program “Mawar Emas” bagi takmir masjid sepulau Lombok, Selasa, (21/7).

Mawar Emas, kata Bang Zul, akan menyediakan pinjaman tanpa bunga untuk masyarakat yang ingin mengembangkan usahanya, dan program ini dipusatkan di masjid-masjid. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di lingkungan masjid. Program ini melibatkan beberapa instansi dengan tujuan utama, yaitu, mempermudah akses keuangan berbasis masjid serta melawan rentenir di tengah masyarakat.

“Masyarakat kita tahu betul resiko meminjam di rentenir ini, untuk itu program ini harus lebih praktis, lebih mudah mekanismenya bagi masyarakat,” tandas Bang Zul.

Oleh sebab itu, ia meminta kepada para takmir masjid yang menjadi peserta pelatihan untuk serius mengikuti proses pelatihan, agar semua ilmu yang didapatkan bisa diamalkan di lingkungan masjid masing-masing.

“Mudah-mudahan training ini membekas pada diri kita dan hasilnya bisa kita terapkan di tempat kita masing-masing. Mudah-mudahan program ini menjadi kado dari NTB untuk Indonesia,” tutup Dr H Zulkieflimansyah SE MSc. (kdon)

loading...
Bagikan di:

KOMENTAR

Komentar