fbpx

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

H. Tuwuh, S.AP.

78 Staf Puskesmas Brang Rea Harus Menjalani Isolasi

Brang Rea, KOBAR – Setelah diketahui, Kepala Puskesmas Brang Rea terjangkit positif Covid-19, riwayat pasien tidak pernah melakukan perjalanan ke daerah terjangkit. Namun masuk dalam daftar kontak erat dengan pasien Covid-19 nomor 06. Atas hal tersebut, 78 dari 92 staf puskesmas harus menjalani isolasi dengan status Orang Tanpa Gejala (OTG).

Melalui juru bicara tim gugus tugas covid-19, H Tuwu S.Ap, yang juga sebagai Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), membenarkan bahwa Kepala Puskesmas Brang Rea positif Covid-19.

“Beliau memang Kepala Puskesmas Brang Rea, dan saat ini sudah menjalani karantina di Rusunawa Belisung,” terang H Tuwuh membenarkan.

Atas hal tersebut, Dinas Kesehatan Sumbawa Barat, mengeluarkan surat edaran perihal Pembatasan Pelayanan Puskesmas Brang Rea  dengan Nomor 045.2/801/ p01KES/VI/2020 yang ditujukan kepada Plt Puskesmas Brang Rea tertanggal 03 Juni 2020. Dalam surat tersebut dinyatakan bahwa sehubungan telah terkonfirmasi positif covid-19 terhadap kepala puskesmas brang rea, dan dari 92 orang staf Puskesmas brang rea , 78 orang dinyatakan sebagai Orang Tanpa Gejala ( OTG ), sesuai dengan pedoman penanganan dan pencegahan covid-19, semua OTG harus dilakukan isolasi selama 14.

Poin lain dalam surat tersebut yakni untuk sementara dari tanggal 03-16 Juni 2020 , Puskesmas Brang rea hanya memberikan pelayanan khusus bagi pasien rawat jalan mulai pukul 07:00 sampai 12:00 wita. Penanganannya dilaksanakan oleh petugas dinas kesehatan kabupaten sumbawa barat

“Sementara untuk pelayanan dan Emergency dapat langsung ke puskesmas Taliwang,” tutup H Tuwuh. (kras)

Don`t copy text!