fbpx
06/06/2020

PORTAL BERITA KOBAR

kobarksb.com

Kepala Dinkes KSB: Jangan Panik Soal Covid-19

H. Tuwuh, S.AP.

Taliwang, KOBAR – Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat Sumbawa Barat, agar tidak panik dalam menghadapi penyebaran Covid-19 atau yang kerap disebut Virus Corona.

“Kami sarankan agar masyarakat tidak panik dan tetap tenang dalam menghadapi fenomena penyebaran Virus Corona ini. Dan semua fasilitas, dan pelayanan kesehatan sudah standby 24 jam untuk melayani masyarakat yang membutuhkan pelayanan,” kata Kepala Dinkes Sumbawa Barat, saat dikonfirmasi awak media ini, Jum’at lalu. 

Haji Tuwuh, sapaan akrab Kadis Dinkes tersebut, mengatakan, bahwa pihaknya telah menyiapkan satu ruangan khusus di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Asy-Syifa’ untuk merawat pasien corona. 

“Kami telah menyiapkan satu ruangan khusus, guna mengantisipasi adanya pasien yang terjangkit virus corona. Dengan berbagai upaya yang telah dilakukan Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Dinas Kesehatan, semoga masyarakat KSB dilindungi dari virus mematikan ini,” imbuhnya. 

Ia juga menambahkan, terkait berbagai upaya yang telah dilakukan, Dinkes terus melakukan koordinasi guna meningkatkan kewaspadaan dini terhadap virus corona dengan melibatkan lintas sektor terkait seperti KKP Poto Tano, KKP Benete PT International SOS, seluruh Kepala Puskesmas, Surveilans Puskesmas, KNPI, dan Wartawan yang ada di lingkup KSB. Selain itu, Dinkes juga telah melakukan langkah preventif dalam upaya mencegah penyebaran virus corona di KSB, salah satunya dengan membuat surat edaran tentang kesiap siagaan pencegahan dan penanggulangan virus corona ke setiap puskesmas dan membuat baliho di beberapa titik strategis. 

Baca Juga :  Puluhan Jamaah Masjid dan Tenaga Medis di Taliwang Jalani Rapid Test

“Berbagai upaya yang kami lakukan guna untuk deteksi, pencegahan, respon dan antisipasi munculnya virus corona. Selain menindaklanjuti surat dari Kementerian Kesehatan, juga untuk mencegah masuknya dan menanggulangi penyebaran virus corona di KSB,” papar Kadis Dinkes tersebut. 

Dilanjutkannya, guna mencegah terjangkitnya virus tersebut, Dinkes mengimbau agar masyarakat mengimplementasikan salah satu pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang selalu digaungkan Pemda KSB, yakni, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), seperti Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), konsumsi gizi seimbang, rajin olahraga serta cukup istirahat.

“Tak hanya itu, masyarakat juga bisa menerapkan Etika Batuk, misalnya menggunakan masker, tutup mulut dan hidung ketika batuk, tutup mulut dan hidung dengan tisu, buang tisu ke tempat sampah dan mencuci tangan dengan air mengalir dengan sabun,” tandas Kadis Dinkes. Bahwa hingga saat ini, perkembangan pencegahan dini orang yang dipantau 20 Maret 2020 adalah, orang dalam pengawasan 43 orang, suspek 0 orang, Orang Dalam Pemantauan (ODP) 17 orang, sedangkan yang sudah sehat sebanyak 17 orang. (kras) 

loading...
Bagikan di:

KOMENTAR

Komentar