DPD JOIN KSB Usulkan Bupati dan Gubernur Siapkan Suplemen Untuk Petugas Satgas Covid-19

Menu

Mode Gelap

SUMBAWA BARAT · 3 Apr 2020

DPD JOIN KSB Usulkan Bupati dan Gubernur Siapkan Suplemen Untuk Petugas Satgas Covid-19


DPD JOIN KSB Usulkan Bupati dan Gubernur Siapkan Suplemen Untuk Petugas Satgas Covid-19 Perbesar

Taliwang, KOBAR – Pengawasan terhadap pendatang melalui Pintu masuk Kabupaten Sumbawa Barat di Poto Tano cukup ketat. Hal ini dilakukan terkait Pencegahan dan penanganan penyebaran Virus Covid-19 yang sedang melanda Dunia.

Sejumlah pewarta yang tergabung dalam Dewan Pimpinan Daerah (DPD), Jurnalis Online Indonesia (JOIN) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), secara khusus terjun langsung melakukan pemantauan dan turut memberikan suport bagi petugas, pada Jum’at, (3/4/2020), siang.

Nampak dari pantauan, para petugas yang tergabung dalam gugus tugas penanganan Covid-19 KSB ini bekerja ekstra keras. Satu persatu orang yang datang ke KSB, baik itu warga KSB maupun tamu, KTP-nya diperiksa kemudian didata mulai dari nama, alamat tujuan, keperluan dan nomor kontak handphone, selain itu yang utama satu persatu dilakukan pengecekan suhu tubuh di meja yang telah disiapkan.

Mereka bekerja tak perduli panas dan hujan, jika lagi ramai dengan para pendatang, petugas ini terjun langsung mendata ke kendaraan yang digunakan pendatang dan melakukan pengecekan suhu tubuh.

Para pendatang pun cukup partisipatif, bila tiba di perbatasan atau posko mereka dengan sendiri berhenti dan turun dari kendaraan baik roda dua maupun roda empat, begitu juga angkutan barang dan angkutan umum seperti bus, seluruh penumpangnya turun menghadap petugas dengan jarak yang sudah ditentukan.

Dari hasil pemeriksaan suhu tubuh, jika kondisi normal pendatang ini oleh petugas ditetapkan status ODP (Orang Dalam Pengawasan) jika diketahui memiliki suhu tubuh melampaui batasan normal diatas 37 derajat celcius dan memiliki gejala seperti flu, pilek, deman dan batuk ditetapkan sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

“ODP dan PDP ini kami koordinasikan dengan gugus tugas yang ada di Desa untuk kemudian dipantau dan diminta karantina mandiri di rumahnya masing-masing,” ujar Rival salah satu anggota gugus tugas penanganan Covid-19 dari PMI.

Sementara itu, pantauan khusus terhadap tim gugus tugas nampak mereka menggunakan Alat Pelindung Diri (APD), berupa masker dan sarung tangan, namun sebagian diantaranya hanya mengenakan masker. APD inipun menurut mereka disiapkan sendiri karena memang sejauh ini terbatas jumlahnya.

Beberapa diantara petugas yang terdiri dari unsur TNI, POLRI, Sat Pol PP, PMI dan dari Dinas Kesehatan mengaku butuh suplemen atau makanan tambahan, selain itu peralatan untuk pelindung di saat hujan seperti jas hujan dan payung juga masih kekurangan.

“Di sini kami disediakan makanan, namun terus terang kami juga butuh suplemen seperti vitamin dan makanan tambahan, di sini kami hanya disediakan kopi, selain itu kami butuh perlengkapan menghadapi cuaca saat hujan,” cetus salah satu petugas, yang enggan namanya disebutkan.

Mencermati persoalan ini, Jurnalis Online Indonesia merekomendasikan agar para petugas ini agar dapat diperhatikan kesehatan mereka.

“Kami merekomendasikan agar Kepala Daerah baik Bupati maupun Gubernur dapat memberikan suplemen bagi petugas di lapangan, mereka sangat membantu di tengah situasi seperti ini,” tandas Ketua DPD Join Sumbawa Barat, Hardoni S.IP, yang ikut turun memantau.

Menurut Hardoni, jika petugas ini lengah bisa saja ada yang positif Corona di KSB, dan bahkan mereka yang paling rentan terpapar karena berinteraksi secara langsung.

“Karena itu penting petugas di lapangan diperhatikan terutama nutrisi untuk daya tahan tubuhnya,” pungkasnya.

Adapun pengurus DPD JOIN KSB yang turun ke lapangan yakni selain Hardoni, juga hadir Indra Irawan LM S.Kom, dari DPW JOIN NTB, M Bastian S.Kep.Nes, Divisi Humas, dan Riyan Kiswanto S.T, Divisi Advokasi. (kras)

About The Author

Trending di KOBARKSB.com

  • 64
    Bupati KSB Pimpin Apel Siaga Satgas Covid-19Taliwang, KOBAR - Bertempat di Alun-alun Kota Taliwang, Bupati Sumbawa Barat Dr Ir H W Musyafirin MM memimpin Apel Siaga Satgas penyemprotan Desinfektan penanganan Covid-19, pada Selasa, (31/03) pagi. Penyemprotan Desinfektan secara serentak merupakan instruksi dari Kapolri, dalam rangka penanganan Covid-19 yang saat ini melanda Negara Kesatuan Republik Indonesia dan…
  • 60
    DPD JOIN KSB Mengajak Khilafatul Muslimin Cegah Pandemi Covid-19Taliwang, KOBAR - Untuk mendukung pencegahan dan penanggulangan Pandemi Covid19, Dewan Pengurus Daerah (DPD) Jurnalis Online Indonesia (JOIN) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), menggelar Bhakti sosial di Pondok Pesantren (Ponpes) Khilafatul Muslimin, Lingkungan Perjuk, Kelurahan Telaga Bertong, Sabtu (13/06) Pagi. Bhakti sosial tersebut berupa pemberian bantuan masker, beras dan mie isntan…
  • 57
    Politisi Ini Minta Kebijakan Pasca Covid-19 Positif di NTBTaliwang, KOBAR - Setelah meminta Pemda merubah kebijakan terkait Siswa tetap sekolah, ditengah mewabahnya Covid-19 diberbagai negara di Dunia. Mohammad Hatta, Politisi Partai Amanat Nasional (PAN), kembali menyeruhkan apa yang menjadi keinginan dan kegelisahan masyarakat. Dikhawatirkan oleh masyarakat saat ini, khususnya Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), setelah kabar Covid-19 Positif di…
  • 54
    Pemuda Muhammadiyah Desak Bupati Segera Luncurkan Jaring Pengaman Sosial Selama Masa Siaga Darurat Covid-19“Jika Pemerintah Abai, Banyak UMKM Akan Gulung Tikar” Taliwang, KOBAR - Sudah hampir sebulan status siaga darurat covid-19 diberlakukan di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), dan tidak kecil kemungkinan akan meningkat menjadi tanggap darurat dalam waktu dekat ini, mengingat semakin bertambahnya kasus positif covid-19 di NTB. Kondisi ini telah berdampak…
Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Pewarta

Baca Lainnya

Proyek Jaringan Irigasi Jereweh – Tiu Suntuk Dimulai, KSB Siap Menuju Lumbung Pangan dan Kawasan Industri

27 Maret 2024 - 01:06

Proyek Jaringan Irigasi Jereweh - Tiu Suntuk Dimulai, KSB Siap Menuju Lumbung Pangan dan Kawasan Industri - Proyek Bendungan Tiu Suntuk Sumbawa Barat

Amman Mineral Buka Lowongan Kerja Tenaga IT, Mekanik, dan Elektrik Untuk Tambang Emas Sumbawa Barat

24 Maret 2024 - 21:17

Amman Mineral Buka Lowongan Kerja Tenaga IT, Mekanik, dan Elektrik Untuk Tambang Emas Sumbawa Barat - PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT)

AMMAN Terbukti Patuh Pajak, Sumbang Hampir Setengah Target Penerimaan Pajak di Sumbawa dan Sumbawa Barat

24 Maret 2024 - 05:38

AMMAN Terbukti Patuh Pajak, Sumbang Hampir Setengah Target Penerimaan Pajak di Sumbawa dan Sumbawa Barat - Tambang Batu Hijau Sumbawa Barat

Warga Desa Lampok Protes Pemasangan Meteran Air Bekas oleh PDAM KSB

24 Maret 2024 - 04:16

Warga Desa Lampok Protes Pemasangan Meteran Air Bekas oleh PDAM KSB - Meteran Air Bekas Perumda Air Minum Bintang Bano

Bendungan Tiu Suntuk Jadi Solusi Atasi Kekeringan di Jereweh

22 Maret 2024 - 16:32

Bendungan Tiu Suntuk Jadi Solusi Atasi Kekeringan di Jereweh - Bendungan Tiu Suntuk Sumbawa Barat

Menanti Pemimpin KSB Masa Depan

21 Maret 2024 - 02:57

Menanti Pemimpin KSB Masa Depan - Amar Nurmansyah - Sekda KSB
Trending di EDITORIAL
Don`t copy text!