fbpx
31/05/2020

PORTAL BERITA KOBAR

kobarksb.com

Bupati KSB Nyaris Tidak Pernah Berbuka Puasa di Rumahnya

Taliwang, KOBAR – Meski bulan ramadhan kali ini diguncang wabah pandemi Covid-19, Bupati Sumbawa Barat, Dr Ir H W Musyafirin MM tak kehabisan akal untuk bisa berbuka puasa bersama warganya. Ditengah aturan social distancing (jaga jarak), dan tidak diperbolehkan melakukan safari ramadhan, justru Bupati berkunjung secara pribadi dan tidak melibatkan banyak orang.

“Selalu ada cara untuk berbuat baik dan mendekatkan diri dengan warga, berbuka puasa bersama dengan warga sudah menjadi tradisi dari tahun ke tahun. Namun tahun ini terhalang keharusan untuk social distancing, dan tidak menjadi persoalan, sebab ada cara untuk tidak melanggar itu,” terang Bupati KSB.

Bupati KSB saat berbuka puasa di rumah warga Dusun Hijrah Desa Mujahiddin Kecamatan Brang Ene

Perjalanan berbuka puasa bersama Bupati KSB ke rumah warga tentu dengan maksud dan tujuan, bukan hanya sekedar datang berbuka puasa. Selain mendekatkan diri dengan warga dan bersilaturahim, Rumah yang disambanginya yakni rumah para ibu lansia dan janda tua rentah. Bupati memberikan bantuan sesuai dengan kebutuhan warga yang dikunjunginya.

“Niat untuk membantu itu hadir ketika saya merasakan suasana tempat saya berbuka, kedekatan kita dengan sesama suku tau samawa sangat kental, sehingga selalu ada solusi untuk membantu kekurangan dan kebutuhan warga yang saya datangi,” ucap Bupati penuh rasa haru.

Selain bantuan bedah rumah yang tidak layak huni, ada banyak bantuan lain yang tersalurkan oleh Bupati kepada warganya selama perjalanan berbuka puasa. Dan bukan hanya uang pribadi, anggaran Desa dan APBD juga dijadikan solusi untuk meringankan kebutuhan warga yang membutuhkan.

Baca Juga :  PKWT Di Tambang Batu Hijau Sumbawa Barat Memakan Korban
Bupati KSB saat berbuka puasa di rumah warga Dusun Semelam, Desa Sekongkang Atas, Kecamatan Sekongkang

“Bantuan itu tidak semata mata langsung diberikan, seperti bedah rumah misalnya. Disana ada Kepala Desa, kami tanyakan, apakah ada anggaran Desa yang bisa digunakan untuk membantu warga tersebut, ketika ada, maka kita gunakan anggaran Desa, namun ketika tidak ada, bisa kita cari solusi di anggaran APBD, dan anggaran lainnya,” jelasnya.

Ia berharap kepada seluruh warga KSB, di tengah wabah covid-19 ini. kita saling dukung untuk mencegah penularan berkepanjangan, dan saling membantu apabila ada warga yang membutuhkan. Atau bisa menghubungi tim gugus tugas apabila ada gejala terkait Covid-19, dan bisa menghubungi Dinas sosial terkait dengan bantuan sosial. Baik itu BST, PKH, JPS dan lainnya. Dan bisa melalui RT  Kadus, Kepala Desa dan Lurah sebagai perpanjangan tangan Pemerintah. 

Bupati saat berbuka puasa di rumah warga Dusun Banjar, Desa Banjar, Kecamatan Taliwang

Terakhir, Bupati berpesan, “selamat hari raya idul fitri 1441 Hijriyah – 2020 Masehi bagi seluruh warga Sumbawa Barat. Jalani ibadah sesuai dengan perintah Pemerintah, agar kita semua terhindar dari wabah Covid-19,” kata Bupati Berpesan. (kras)

 

loading...
Bagikan di:

KOMENTAR

Komentar