14/07/2020

Bukber Lazim Dilakukan Kelompok dan Alumni, Begitu Juga Bupati KSB

Musyafirin: Jangan Lewatkan Berkah Bulan Ramadhan, Walau Dalam Kondisi Pandemi Covid-19

Sekongkang, KOBAR – Setiap ramadhan tiba, buka puasa bersama (Bukber) menjadi aktivitas yang jamak dilakukan. Tak hanya dengan keluarga, kerabat, maupun teman, tapi juga bareng komunitas ataupun alumni SD, SMP, SMA, Kuliah. Lapisan masyarakat, mulai dari kelas atas, kelas menengah, dan kelas bawah kerap kali melakukan “bukber”. Hal demikian juga dilakukan Dr Ir H W Musyafirin MM, Bupati Sumbawa Barat kepada warganya di masing-masing Desa ataupun Dusun.

Tidak hanya Bupati, semua kalangan diperkenankan melakukan buka puasa bersama, demi mendapat hikmah dan manfaat berbuka puasa, seperti perintah silaturahmi sesuai yang tercantum dalam Alqur’an Surat An-Nisa, ayat 1. Serta banyak manfaat lain yang bisa didapatkan dari kegiatan berbuka puasa bersama.

Dalam kesempatan buka puasa kemarin, Sabtu (02/04) di Dusun Semelam, Desa Sekongkang Atas. Kecamatan Sekongkang. Musyafirin akrabnya Bupati Sumbawa Barat, diberikan kesempatan untuk bersilaturahmi dengan sahabat, kerabat yang sudah lama tidak bertatap muka.

“Nikmat apalagi yang kita dustakan, selalu ada cara bertemu teman lama di moment ramadhan meski di tengah wabah pandemi Covid-19, dan ini harus kita lakukan, sebab belum tentu ramadhan tahun depan kita bisa lakukan,” ucap Bupati dengan tulus.

Baca Juga :  Warga Negara Asing Garap Tambang Emas Ilegal di KSB
Nampak Bupati KSB di Rumah Ibu Subaidah

Sembari berjalan menuju rumah Ibu Subaidah, Bupati yang datang secara pribadi itu berpesan. Mari jalin terus silaturahmi, jangan hilangkan tradisi baik di bulan suci ini. Dari satu tahun, kita diberikan satu bulan spesial untuk beribadah, dan pahalanya langsung Allah yang atur tanpa perantara.

Sebuah hadis agung yang diriwayatkan langsung oleh Nabi shallallahu’alaihi wasallam dari Rabb-nya, bahwa Dia berfirman, “Setiap amalan manusia adalah untuknya kecuali puasa, sebab ia hanyalah untukku dan Akulah yang akan memberikan ganjaran padanya secara langsung,” HR Bukhari dalam Shahihnya 7/226 dari hadis Abu Hurairah radhiyallahu’anhu.

“Mari kita mengunjungi saudara, sanak kerabat kita pada suasana ramadhan ini. Ketika ada larangan menemui dengan cara keramaian, mari kita lakukan dengan cara tidak melanggar larangan itu,” sarannya.

Untuk diketahui, jadwal buka bersama pribadi Bupati KSB malam nanti yakni ke Desa Seloto, Kecamatan Taliwang. (kras)

loading...
Bagikan di:

KOMENTAR

Komentar