fbpx
Jangan Lalai Sandang Predikat Zero Covid-19

Jangan Lalai Sandang Predikat Zero Covid-19

Diantara 10 Kabupaten/kota di Nusa Tenggara Barat (NTB), Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) hingga saat ini masih menjadi wilayah yang berstatus Zero (Nol) positif covid-19. Tapi menurut data yang dirilis Dinkes NTB, terkini, ada 5 Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan 111 Orang Dalam Pemantauan (ODP) di KSB. Bahkan ada 1 orang PDP sedang menunggu hasil konfirmasi laboratorium.

covid 1

Padahal beberapa hari lalu warga KSB sempat dibuat syok oleh meninggalnya salah seorang PDP covid-19, walau pada akhirnya PDP tersebut divonis negatif covid-19. Tapi seharusnya Pemerintah setempat bisa mengambil pelajaran berharga dari insiden itu. Kecolongannya satgas covid-19 harus dievaluasi secara menyeluruh, dan protokol tangkal corona harus diperbaiki.

Kewaspadaan terhadap masuknya kurir corona ke wilayah zero harus tetap dijaga dan ditingkatkan. Karena jika kembali kecolongan, dan ada ODP atau PDP di kemudian hari yang divonis covid-19, buyar sudah zona aman itu.

covid 6

Sudah ada sekian surat edaran Gubernur NTB dan Bupati KSB diterbitkan untuk mencegah dan menangkal peredaran covid-19. Tapi dari sekian itu, masih banyak yang tidak terwujud di lapangan. Meski faktanya, data jumlah penderita covid-19 di NTB bukannya malah berhenti, atau menurun, tapi justru meningkat tajam.

Memang kita tidak perlu alay dengan pandemi covid-19 ini. Tapi kita juga tidak boleh lalai dengan kemungkinan terburuk yang akan terjadi beberapa hari kedepan. Segala taktik dan strategi harus dipersiapkan secara matang dan terukur. Terlebih ketika ada imbauan, harus dipastikan imbauan itu dilaksanakan di lapangan. Dan yang paling utama, tauladan dari para pemimpin yang menerbitkan imbauan tersebut.

Semoga badai ini segera berlalu. **

Don`t copy text!