RSUD Asy-Syifa’ KSB Dapat Nilai 90,5 Untuk Pelayanan JKN-KIS

RSUD Asy-Syifa’ KSB Dapat Nilai 90,5 Untuk Pelayanan JKN-KIS

“Hasil Walk Through Audit BPJS Kesehatan”

Taliwang, KOBAR – Untuk menjaga kualitas pelayanan kesehatan bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional, Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, melakukan survei Walk Through Audit (WTA) setiap tahun, kepada peserta JKN-KIS yang mendapatkan pelayanan kesehatan. Survei dilakukan dengan metode wawancara menggunakan instrumen kuesioner singkat, dengan sepuluh pertanyaan yang diajukan kepada peserta JKN-KIS, tanpa diketahui pihak pemberi pelayanan kesehatan.

Untuk survei WTA tahun 2019 ini, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Asy-Syifa’, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), telah menerima hasilnya dari BPJS, pekan kemarin. Dalam lembaran surat yang diterima pihak RSUD, dari bulan Januari hingga Juli 2019, pelayanan rawat jalan dan rawat inap, di RSUD Asy-Syifa’, memperoleh nilai rata-rata 90,5. Sehingga nilai pelayanan yang dilakukan selama ini dianggap memuaskan oleh BPJS Kesehatan.

Hasil survei WTA yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan Cabang Bima itu, memberikan pesan kepada pihak RSUD Asy-Syifa’, agar dalam memberikan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat dilakukan sesuai ketentuan yang berlaku, dan kualitas pelayanan kesehatan harus terus ditingkatkan.

“Nilai yang kami terima dari tim survei WTA BPJS Kesehatan cukup memuaskan dari segi angka penilaian. Namun, nilai itu tidak membuat kami bangga atau pun berbesar hati. Sebab yang jadi kebanggaan bagi kami di sini adalah memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, serta mempertahankan nilai tersebut melalui pelayanan kesehatan pula,” kata dr Carlof Sitompul, Direktur RSUD Asy-Syifa’ KSB, saat ditemui media ini, di ruang kerjanya, hari ini.

Ia menambahkan, bahwa kegiatan survei ini juga dilakukan dalam rangka mencocokkan dan mengaudit tagihan yang diajukan oleh fasilitas kesehatan, apakah sesuai antara pemberian pelayanan kesehatan dengan catatan pengajuan klaim yang diajukan oleh pihak Rumah Sakit.

“Semoga dengan hasil survei WTA dari BPJS Kesehatan dengan nilai memuaskan ini, kami dapat terus berbenah dan kian semangat dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” demikian Carlof Sitompul. (adv/kdon)

Don`t copy text!