Turis Asing Punguti Sampah Pantai Sekongkang

Menu

Mode Gelap

SUMBAWA BARAT · 28 Feb 2018

Turis Asing Punguti Sampah Pantai Sekongkang


Turis Asing Punguti Sampah Pantai Sekongkang Perbesar

Sekongkang, KOBARKSB.com – Hadirnya turis asing dalam aksi bersih Pantai Sekongkang sontak menjadi perhatian peserta aksi. Kehadiran mereka menjadi pembicaraan hangat. Bagaimana tidak, mereka tampak lebih peduli akan kebersihan pantai, dibanding warga yang tinggal di sekitar Pantai Sekongkang.

“Saya bangga bisa ikut langsung dalam kegiatan ini, kegiatan ini sangat bagus sekali, apalagi kami sebagai tamu hotel dilibatkan. Aksi ini sangat saya suka. Pantai ini sangat indah, dan mari kita jaga kebersihannya,” kata Aaron, wisatawan asal Australia, saat ditemui awak media ini, dalam peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2018, di pantai Rantung Sekongkang, pekan kemarin.

Menanggapi hal itu, Syarifuddin, Camat Sekongkang, mengatakan, bahwa kegiatan ini sangat positif, untuk memajukan pariwisata di Kecamatan Sekongkang. Ia menjelaskan, bahwa aksi bersih pantai yang dilaksanakan merupakan kegiatan dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), yang diselenggarakan oleh Dinas Lingkungan Hidup dengan melibatkan Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa, Karang Taruna, siswa SMP dan pelaku pariwisata yang ada di kawasan wisata Desa Sekongkang Bawah.

“Kita harus malu dengan para turis, mereka sangat peduli akan kebersihan, sementara kita sebagai orang lokal harus bisa menjaga lingkungan kita jangan sampai ada yang buang sampah sembarangan,” tukas Syarifuddin.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan, bahwa aksi bersih Pantai ini adalah aksi nyata untuk menyadarkan semua pihak agar secara bersama-sama menjaga kebersihan dan keindahan pantai sebagai destinasi pariwisata di Kecamatan Sekongkang.

“Kesadaran kolektif adalah sebuah keharusan yang harus tumbuh dalam diri kita, harus ada aksi nyata, pantai ini milik kita, mari kita jaga,” tandasnya.

Menurutnya, aksi bersih pantai ini akan berlanjut sebulan sekali dengan menggelar event edukasi terkait penanganan sampah agar sampah dapat bernilai ekonomis dengan menggandeng pihak-pihak terkait dan sponsorship. Hal ini akan memberikan pesan untuk terus menjaga kebersihan kawasan wisata. Selanjutnya ia mengatakan, akan membentuk lembaga peduli lingkungan dalam rangka menjaga kebersihan pantai.

Antusiasme masyarakat dan wisatawan asing yang ikut dalam aksi bersih sampah tersebut mendapat apresiasi dari Dinas Lingkungan Hidup, selaku penyenggara event.

“Aksi bersih pantai kali ini sangat luar biasa. Menumbuhkan kesadaran masyarakat bukan sesuatu yang mudah. Sekongkang harus membuktikannya secara kompak. Apalagi ada turis asing yang ikut, ini patut kita banggakan. Mereka saja peduli dengan daerah kita, apalagi kita,” kata Dedy Damhudi, Kabid Kebersihan, Dinas Lingkungan Hidup.

Ia berharap agar Pemerintah Desa setempat menyediakan lokasi untuk pengolahan sampah, agar sampah dapat diolah menjadi sesuatu yang bernilai ekonomis.

“Kami berharap melalui aksi bersih pantai ini menjadi edukasi dalam membentuk karakter masyarakat untuk hidup bersih dan sehat. Kegiatan aksi bersih pantai ini akan berlanjut di wilayah pesisir Sumbawa barat, antara lain wilayah Labuan Lalar, Maluk dan Jereweh,” pungkasnya. (kher)

About The Author

Trending di KOBARKSB.com

  • 73
    Angin Kencang dan Pohon Tumbang Terjadi di Taliwang, Pengguna Jalan Diminta Hati-hatiTaliwang, KOBARKSB.com - Selama 2 hari terakhir, hujan lebat disertai angin kencang dan petir dilaporkan terjadi di wilayah Taliwang, Sumbawa Barat. Akibatnya, salah satu pohon besar di jalan utama lintas Taliwang-Sumbawa tumbang dan menutupi seluruh bahu jalan. "Telah terjadi pohon tumbang yang menutupi ruas jalan utama lintas Taliwang-Sumbawa, Sabtu, (7/5),…
  • 70
    Waspada Rabies - Dinas Pertanian KSBIklan Layanan Masyarakat Ini Disampaikan Oleh Bidang Peternakan, Dinas Pertanian, Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat - KOBARKSB.com -
  • 69
    Tarif PPN Naik dari 10% Menjadi 11%, Berlaku Mulai 1 April 2022Jakarta, KOBARKSB.com - Mulai 1 April 2022, tarif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) akan naik dari 10% menjadi 11%. Kebijakan tersebut diterapkan sesuai dengan amanat Undang-undang (UU) Nomor 7 Tahun 2021, tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (UU HPP). Dalam Pasal 7 ayat (1) UU HPP, berbunyi, bahwa tarif PPN sebesar 11% mulai…
  • 69
    Desa Talonang Kaya Aneka Potensi Tapi Masih Miskin SentuhanSekongkang, KOBARKSB.com - Selama Ekspedisi Talonang 2022, para awak media yang tergabung dalam PWI KSB menjajaki aneka potensi yang dimiliki Desa Talonang Baru, Kecamatan Sekongkang, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). “Desa ini betul-betul kaya akan potensi alamnya, terutama di sektor pariwisata. Sayang potensi yang dimiliki Talonang ini belum terekspose, sehingga belum…
  • 68
    Puskesmas Sekongkang Tak Miliki Dokter“Telah Berlangsung Selama 3 Bulan” Sekongkang, KOBARKSB.com - Pelayanan di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Sekongkang, dikeluhkan masyarakat setempat. Pasalnya, sejak 3 bulan terakhir ini Puskesmas yang memiliki fasilitas serba mewah tersebut tak kunjung memiliki seorang dokter pun. Dedy Iswandi, warga Desa Tongo, mengaku harus berurusan hingga ke RSUD Asy-Syifa’…
  • 68
    Polisi Perketat Pengamanan Pelabuhan Poto Tano Jelang LebaranPoto Tano, KOBARKSB.com - 17 hari jelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H (Lebaran), Kepolisian Resort Kabupaten Sumbawa Barat (Polres KSB) dilaporkan akan semakin memperketat pengamanan di Pelabuhan Penyeberangan Ferry Poto Tano, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). “Keamanan pintu keluar masuk Pulau Sumbawa ini menjadi hal…

Eksplorasi konten lain dari KOBARKSB.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Artikel ini telah dibaca 8 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Jaringan Mafia Tanah di Sekongkang Bawah Terbongkar, 1 Kontainer Barang Bukti Diamankan Kejaksaan

10 Juni 2024 - 13:48

Jaringan Mafia Tanah di Sekongkang Bawah Terbongkar, 1 Kontainer Barang Bukti Diamankan Kejaksaan - Kejaksaan Negeri Sumbawa Barat

Amman Mineral Buka 17 Lowongan Kerja Terbaru di Tambang Batu Hijau Sumbawa Barat

8 Juni 2024 - 17:48

Amman Mineral Buka 17 Lowongan Kerja Terbaru di Tambang Batu Hijau Sumbawa Barat - Tambang Emas PT Amman Mineral Internasional Tbk (AMMAN)

AMMAN dan Peselancar Rizal Tandjung Kolaborasi Majukan Wisata Bahari Sumbawa Barat

5 Juni 2024 - 01:58

AMMAN dan Peselancar Rizal Tandjung Kolaborasi Majukan Wisata Bahari Sumbawa Barat - Supersucks - Pantai Sumbawa Barat - Amman Mineral

Raja Muda Sumbawa Naik Tahta, Deapati Koasa Ling Anorawi Beri Dukungan Penuh

30 Mei 2024 - 19:04

Raja Muda Sumbawa Naik Tahta, Deapati Koasa Ling Anorawi Beri Dukungan Penuh - H W Musyafirin - Bupati Sumbawa Barat

Gempur Pita Cukai Palsu, Laporkan Peredaran Rokok Ilegal – Iklan DBHCHT

28 Mei 2024 - 14:24

Gempur Pita Cukai Palsu, Laporkan Peredaran Rokok Ilegal - Iklan DBHCHT - Bea Cukai Sumbawa

Pengumuman Hasil Seleksi PPS Pilkada KSB 2024

27 Mei 2024 - 19:53

Pengumuman Hasil Seleksi PPS Pilkada KSB 2024 - KPU KSB
Trending di NEWS
Don`t copy text!