2 Hari Operasi Zebra Jaring 59 Pelanggar UU Lalu Lintas

Menu

Mode Gelap

PULAU SUMBAWA · 18 Nov 2016

2 Hari Operasi Zebra Jaring 59 Pelanggar UU Lalu Lintas


2 Hari Operasi Zebra Jaring 59 Pelanggar UU Lalu Lintas Perbesar

Taliwang, KOBAR – Hari pertama dan kedua pelaksanaan Operasi Zebra 2016, Kepolisian Resort (Polres) Sumbawa Barat dilaporkan sukses menjaring sekitar 59 pengendara kendaraan roda dua yang melanggar undang-undang lalu lintas dan angkutan jalan.

Kapolres Sumbawa Barat, AKBP Andy Hermawan SIK, membenarkan, di hari pertama dan kedua Operasi Zebra, pihaknya melalui Satuan Lalu Lintas (Satlantas) berhasil menjaring sekitar 59 pelanggar. Pelanggaran didominasi oleh para pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm sebanyak 28 orang pelanggar dan yang tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) sebanyak 14 pengendara.

“Sementara yang tidak memiliki Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) sebanyak 16 orang. Sisanya pengendara yang menggunakan HP atau tidak berkonsentrasi dalam berkendara sebanyak satu orang,” ungkapnya.

Kata dia, kebanyakan dari para pelanggar yang terjaring razia di hari pertama dan kedua tersebut tidak menggunakan helm. Meski demikian pihaknya mencatat jumlah pelanggaran itu jauh mengalami penurunan jika dibandingkan dengan jumlah pelanggaran di tahun 2015 lalu.

“Kalau di tahun 2015 lalu, di hari pertama pelaksanaan operasi terjaring sekitar 31 pelanggar, sementara di hari kedua sekitar 52 pelanggar. Ini artinya, sosialisasi tentang tertib berlalu lintas yang selama ini gencar dilakukan membuahkan hasil yang cukup baik,” timpalnya.

Menurutnya, operasi zebra akan terus dilakukan pihaknya setiap hari hingga tanggal 29 Nopember mendatang di tempat-tempat yang ditentukan secara acak.

“Operasi ini juga sekaligus digelar untuk menutup ruang gerak bagi para pelaku tindak kejahatan dan tindak kriminal pencurian kendaraan bermotor,” imbuhnya.

Ditambahkannya, pada pelaksanaan Operasi Zebra tahun 2016 ini, ada beberapa pelanggaran yang menjadi sasaran yang berpotensi menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas, meliputi, pelanggaran rambu-rambu lalu lintas, pelanggaran batas kecepatan, dan melawan arus lalu lintas, khususnya kendaran motor roda dua.

“Dengan dilakukan penegakan hukum terhadap sasaran prioritas tersebut, maka pelaksanaan Operasi Zebra ini diharapkan akan dapat mendorong tercapainya tujuan operasi. Seperti meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas di jalan raya, meminimalisir pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap Polri dengan terbentuknya opini positif dan citra tertib dalam berlalu lintas, serta terwujudnya situasi Kamseltibcar Lantas menjelang perayaan Natal 2016 dan Tahun Baru 1 Januari 2017,” demikian Kapolres. (ktas)

About The Author

Trending di KOBARKSB.com

  • 43
    Kasat Lantas: Tak Ada Lagi Calo SIMTaliwang, KOBAR - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Sumbawa Barat dilaporkan telah membuat terobosan baru untuk pengurusan Surat Ijin Mengemudi (SIM) bagi masyarakat, dengan memberlakukan Sistem One Barrier Gate (Sistem Satu Pintu). Sistem tersebut diberlakukan untuk menghindari permainan para calo dan terjadinya pungutan liar (Pungli). Kepala Satlantas Polres Sumbawa Barat, Iptu Tira…
  • 42
    Awasi Media Sosial, Polisi Punya “Cyber Patrol”Kapolres: Jangan Mudah Terhasut Taliwang, KOBAR - Revisi Undang-undang (UU) Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) Nomor 11 Tahun 2008 pemberlakuannya ditetapkan mulai 28 Nopember lalu. Untuk itu, Kepolisian Resort (Polres) Sumbawa Barat kembali mengingatkan kepada masyarakat untuk bijak dalam menggunakan Media Sosial (Medsos). Kapolres Sumbawa Barat, AKBP Andy Hermawan SIK, menyatakan,…
  • 41
    Kapolres KSB Ajak Para Pelajar Tertib Berlalu LintasAKBP Andi: Pelajar Penyumbang Angka Kriminal Lantas Terbanyak Taliwang, KOBAR - Dalam rangka menciptakan ketertiban berkendara di jalan raya, dan menekan angka kecelakaan lalu lintas (Laka Lantas) di bumi pariri lema bariri. Kepolisian Resort Kabupaten Sumbawa Barat (Polres KSB) mengajak para pelajar agar tertib berlalu lintas. Salah satu langkah yang ditempuh,…
  • 41
    Masyarakat Diminta Laporkan “Tilang Jalanan”Taliwang - Kepala kepolisian Resor Sumbawa barat, AKBP Muhammad Suryo Saputra, berharap kepada masyarakat setempat untuk bisa melaporkan mekanisme penilangan lalu lintas di jalan yang dilakukan petugas apabila terdapat ketentuan yang tidak sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku. “Iya, sebelumnya terima kasih, jika ada masyarakat yang mau melaporkan petugas lalu…
  • 37
    Polisi Ringkus Residivis Spesialis Pencuri Mesin Pompa AirBrang Ene, KOBAR - Seorang Residivis spesialis pencuri mesin pompa air dan ternak, berinisial S, warga Dusun Ai Dewa Desa Kalimantong, Kecamatan Brang Ene, berhasil diringkus jajaran Kepolisian Resort (Polres) Sumbawa Barat. S ditangkap dalam sebuah operasi Jaran pada Rabu (26/10) sekitar Pukul 2.30 Wita, dini hari. Kapolres Sumbawa Barat melalui Kasat…
  • 36
    Polisi Akan Tindak Pelaku “Hate Speech”Kapolres: Hati-hati Berujar di Sosmed Taliwang, KOBAR - Kapolres Sumbawa Barat, AKBP Andy Hermawan SIK, mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dan bijak dalam menggunakan atau memanfaatkan media sosial seperti facebook, twitter, dan lainnya. Statemen atau status yang diposting melalui media sosial itu tidak untuk menyinggung pihak tertentu, sehingga menimbulkan resiko hukum karena…

Eksplorasi konten lain dari KOBARKSB.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Amman Mineral Kembali Berangkatkan 32 Pelajar Penerima Beasiswa AMMAN Scholars

19 Juli 2024 - 16:57

Amman Mineral Kembali Berangkatkan 32 Pelajar Penerima Beasiswa AMMAN Scholars - Beasiswa AMMAN Scholars 2024

Alarm Darurat Pendidikan: 1.235 Orang Anak Putus Sekolah SD di NTB

8 Juli 2024 - 19:29

Alarm Darurat Pendidikan 1.235 Orang Anak Putus Sekolah SD di NTB - Siswi Sekolah Dasar (SD)

Muhammadiyah Tetapkan 11 Maret 2024 Jadi Awal Puasa 1 Ramadan 1445 H

1 Februari 2024 - 18:43

Muhammadiyah Tetapkan 11 Maret 2024 Jadi Awal Puasa 1 Ramadan 1445 H - Haedar Nashir - Ketua Umum PP Muhammadiyah

PT Trakindo Utama Buka Lowongan Kerja Untuk Tamatan SMA dan SMK

12 Januari 2024 - 15:30

PT Trakindo Utama Buka Lowongan Kerja Untuk Tamatan SMA dan SMK - Loker Trakindo

PT Freeport Indonesia Buka 38 Lowongan Kerja Terbaru Untuk Fresh Graduate

8 Oktober 2023 - 18:01

PT Freeport Indonesia Buka 38 Lowongan Kerja Terbaru Untuk Fresh Graduate - Tambang Emas Freeport Indonesia

Seleksi Calon ASN 2023 Segera Dibuka, Kuota PPPK Lebih Banyak Dibanding CPNS

12 Agustus 2023 - 20:27

Seleksi Calon ASN 2023 Segera Dibuka, Kuota PPPK Lebih Banyak Dibanding CPNS - Seleksi PPPK 2023 - CASN 2023
Trending di LOWONGAN KERJA
Don`t copy text!