Polisi Kawal Ketat Naskah UN SLTA

Polisi Kawal Ketat Naskah UN SLTA

Taliwang, KOBAR – Pendistribusian naskah soal Ujian Nasional (UN) Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat, ke seluruh sekolah di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) akan dikawal ketat pihak Kepolisian.

Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) Sumbawa Barat, Drs H Mukhlis MSi, menyatakan, penyaluran naskah UN ke Kabupaten Sumbawa Barat  dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB akan dikawal oleh Kepolisian Daerah (Polda) NTB. Menurut Muhklis, Sabtu (01/04) pagi, naskah mulai diberangkatkan dari Mataram. Jika prosesnya lancar, dirinya memperkirakan naskah akan diterima siang hari.

“Ya, dari Pemprov naskahnya langsung dikawal ketat Polda NTB. Kita mungkin menerimanya sekitar jam 2 siang,” katanya.

Muhklis melanjutkan, perwakilan Pemprov NTB bersama dengan pihak Polda NTB akan membawa naskah UN dengan menggunakan truk. Nantinya pengawalan akan berlanjut hingga penyerahan seluruh naskah UN ke Dikbudpora KSB. Selanjutnya, tugas penjagaan naskah akan diserahkan kepada Kepolisian Resort (Polres) Sumbawa Barat.

“Setelah penyerahan kepada kami, tugas pengawalan dan penjagaan akan dilanjutkan Polres KSB,” tukasnya.

Muhklis melanjutkan, keesokan harinya Sabtu (02/04), pendistribusian akan dilakukan pihaknya dengan pengawalan polisi hingga ke titik simpan yaitu di masing-masing Kepolisian Sektor (Polsek).

“Besoknya, pengawalan juga dilakukan kepolisian hingga ke titik simpan naskah di setiap wilayah Kecamatan,” ungkap Muhklis.

Selanjutnya tambah Muhklis, naskah dari titik simpan akan di distribusikan ke Sekolah peserta UN saat hari pelaksanaannya, Senin (04/04) mendatang.

“Saat hari pelaksanaan, pengawalan dan penjagaan akan dilakukan polsek hingga hari terakhir UN,” timpalnya.

Dengan sistem pengawalan dan penjagaan naskah UN yang ketat, baik dari pemerintah dan kepolisian, soal UN bagi siswa bisa dijamin kerahasiannya. Dirinya juga berharap, pengiriman soal dari Pemprov hingga Pemda KSB dapat berlangsung sesuai jadwal.

“Kami kira dengan pengawalan ketat, kerahasian naskah bisa dijamin,” demikian Muhklis.  (ktas)

Don`t copy text!