Hadapi UN, Bupati Bekali Siswa SLTA Se-KSB

Menu

Mode Gelap

PULAU SUMBAWA · 1 Apr 2016

Hadapi UN, Bupati Bekali Siswa SLTA Se-KSB


Hadapi UN, Bupati Bekali Siswa SLTA Se-KSB Perbesar

Firin: You Are Smart, You Are The Best

Taliwang, KOBAR – Lebih dari seribuan siswa kelas XII SMA/SMK/MA Se-Kabupaten Sumbawa Barat menggelar doa bersama di Masjid Agung Darussalam komplek Kemutar Telu Center (KTC), Rabu (30/3). Doa bersama digelar sebagai persiapan menghadapi ujian nasional (UN) 4 April mendatang.  

Pantauan media, para siswa nampak khusyuk mengikutinya. Berdoa bersama, membaca ayat-ayat Ilahi, berzikir hingga shalat Dzuhur berjamaah. Bahkan tak sedikit diantara mereka yang nampak menunjukkan raut keharuan.

“Kami saling mendoakan semoga UN nanti semuanya bisa lulus dan hasilnya membanggakan,” jelas salah seorang siswa.

Hadir dalam doa bersama itu, Bupati Sumbawa Barat, Dr Ir H W Musyafirin MM,  Kepala Dinas Dikbudpora dan sejumlah Instansi di lingkup Pemkab Sumbawa Barat.

Bupati mengatakan, para siswa membutuhkan dukungan dan persiapan secara lahir dan batin. Doa merupakan dukungan selain persiapan dilakukan dengan belajar.

“UN bukahlah hal yang perlu ditakuti. Dengan doa dan yakin, insya Allah semuanya bisa sukses,” kata Bupati.

Menurut Bupati, yang diperlukan dalam mengahadapi UN itu bukan hanya rajin belajar. Namun yang tidak kalah penting adalah mendekatkan diri kepada Allah. Karena hal itu berkaitan dengan kesiapan mental dan kepercayaan diri dalam menghadapinya.

Kepada seluruh peserta UN, Bupati meminta agar mengedepankan kejujuran, rajin belajar, serta senantiasa berdoa. Dia juga berharap agar UN tidak dianggap sebagai momok yang menakutkan.

“Tidak harus ditakuti sebab ujian adalah sebuah keniscayaan bagi seseorang yang akan naik tingkatan,” tukas Bupati.

Bupati dalam kesempatan itu juga menyematkan PIN kepada perwakilan siswa masing-masing sekolah. Selain sebagai tanda pengenal bagi peserta UN, PIN bertuliskan “Anak-anakku Peserta UN SMA/MA/SMK 2016, Kerjakan Dengan Ikhlas Jujur dan Sungguh-sungguh. Kamu Bisa!,” itu juga dijadikan sebagai penanda bagi pihak Pol PP dan Kepolisian untuk mendahulukan dan menjaga keamanan mereka  saat di jalan raya.  Termasuk sebagai tanda untuk mempermudah kontrol dan pengawasan.

“You Are Smart, You Are The Best (Kamu Cerdas dan Kamu Yang Terbaik),” tandas Bupati menyemangati para siswa.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) Sumbawa Barat, Drs H Mukhlis MSi, mengatakan, pelaksanaan UN tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana salah satu perbedaannya adalah hasil UN tidak lagi dipergunakan untuk menentukan kelulusan peserta didik. Namun, digunakan untuk pemetaan mutu program serta satuan pendidikan.

“Hasil UN kali ini, digunakan sebagai pertimbangan seleksi masuk jenjang pendidikan berikutnya dan digunakan untuk pertimbangan dalam pembinaan dan pemberian bantuan kepada satuan pendidikan,” ungkapnya.

Dijelaskannya, UN di Kabupaten Sumbawa Barat digelar menggunakan dua model, yakni Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang diikuti 2 sekolah meliputi, SMA 1 Taliwang dan SMK 1 Taliwang. Sementara 22 sekolah lainnya baik Negeri maupun Swata, menggelar UN berbasis kertas (Paper Test) atau manual.

“Dari dua model tersebut, jumlah peserta UN sebanyak 1.349 orang. Mereka berasal dari 758 orang dari  SMA, 446 orang dari SMK dan 116 orang dari MA,” bebernya.

Untuk pelaksanaannya sendiri, UN SMA/MA berbasis kertas (Paper Test) atau manual dijadwalkan 4-6 April sedangkan SMK 4-7 April. Sementara untuk pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) khusus bagi kedua sekolah tadi dijadwalkan 11-12 April untuk SMA dan 13-16 untuk SMK. (ktas)

About The Author

Trending di KOBARKSB.com

  • 59
    Bupati KSB: UN Adalah Ujian Mental BangsaTaliwang, KOBAR - Bupati Kabupaten Sumbawa Barat, Dr Ir H W Musyafirin MM, mengapresiasi upaya dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) setempat dalam menyukseskan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMA sederajat, 4 April mendatang. Menurut Bupati, UN tidak hanya sebagai wahana penilaian siswa, tapi juga sebagai wahana pengembangan kejujuran dan ujian mental…
  • 54
    Simpang Siur Status Aset SDN 3 TaliwangTaliwang, KOBAR - Setelah kegiatan belajar mengajar sempat dihentikan. Kini, santer terdengar bahwa Sekolah Dasar Negeri (SDN) 3 Taliwang akan kembali diaktifkan. Namun rencana tersebut tersandung persoalan status aset bangunan sekolah, setelah sekian lama digunakan oleh Akademi Komunitas Negeri (AKN) Sumbawa Barat. Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) Kabupaten Sumbawa…
  • 52
    Aset KSB Tercatat Rp 2,5 TriliunTaliwang, KOBAR - Aset Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan, sejalan pelaksanaan belanja modal daerah yang dialokasikan dalam APBD. Total aset daerah dari Rp 2,1 triliun pada tahun 2016 bertambah menjadi Rp 2,5 triliun pada tahun 2017. "Total aset itu mencakup tanah, bangunan, jalan, kontruksi,…
  • 51
    Pelantikan Sekda KSB DiundurTaliwang, KOBAR - Surat Keputusan (SK) terkait penetapan Sekda definitif Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), sayup-sayup dikabarkan telah ditanda tangani Bupati Sumbawa Barat, Dr Ir H W Musyafirin MM. Sekda yang masih dirahasiakan namanya itu bahkan direncanakan akan dilantik beberapa hari kedepan. Kendati sempat dihembuskan bahwa pelantikan Sekda akan dilakukan sekitar tanggal 18-20 Agustus.…
  • 48
    Bupati Berikan Bantuan Alsintan dan Benih Pada PetaniFirin: Silahkan Dimanfaatkan, Jangan Dijual Taliwang, KOBAR - Dalam rangka mensukseskan program swasembada pangan, Bupati Sumbawa Barat, Dr Ir H W Musyafirin MM, menyerahkan bantuan sejumlah Alat Mesin Pertanian (Alsintan) dan benih kepada kelompok tani Kecamatan Brang Rea dan Kecamatan Taliwang. Sebanyak 9 Unit Handtraktor  diberikan untuk kelompok tani Kecamatan Brang…
  • 48
    Bupati KSB Akan Berikan Kemudahan Para InvestorFirin: Mempermudah Bukan Berarti Boleh Melanggar Aturan Taliwang, KOBAR - Untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di Sumbawa Barat perlu didukung laju investasi di berbagai sektor. Sehingga Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) memastikan akan memberikan kemudahan bagi para investor untuk menanamkan modalnya di bumi pariri lema bariri. Bupati Sumbawa Barat, Dr Ir H…

Eksplorasi konten lain dari KOBARKSB.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Muhammadiyah Tetapkan 11 Maret 2024 Jadi Awal Puasa 1 Ramadan 1445 H

1 Februari 2024 - 18:43

Muhammadiyah Tetapkan 11 Maret 2024 Jadi Awal Puasa 1 Ramadan 1445 H - Haedar Nashir - Ketua Umum PP Muhammadiyah

PT Trakindo Utama Buka Lowongan Kerja Untuk Tamatan SMA dan SMK

12 Januari 2024 - 15:30

PT Trakindo Utama Buka Lowongan Kerja Untuk Tamatan SMA dan SMK - Loker Trakindo

PT Freeport Indonesia Buka 38 Lowongan Kerja Terbaru Untuk Fresh Graduate

8 Oktober 2023 - 18:01

PT Freeport Indonesia Buka 38 Lowongan Kerja Terbaru Untuk Fresh Graduate - Tambang Emas Freeport Indonesia

Seleksi Calon ASN 2023 Segera Dibuka, Kuota PPPK Lebih Banyak Dibanding CPNS

12 Agustus 2023 - 20:27

Seleksi Calon ASN 2023 Segera Dibuka, Kuota PPPK Lebih Banyak Dibanding CPNS - Seleksi PPPK 2023 - CASN 2023

3.113 Orang Jemaah Haji NTB Telah Tiba di Kampung Halaman

30 Juli 2023 - 22:03

3.113 Orang Jemaah Haji NTB Telah Tiba di Kampung Halaman - Jamaah Haji Sumbawa - Bandara Internasional Lombok - Embarkasi Lombok

PT Adaro Energy Indonesia Buka 55 Lowongan Kerja Untuk Tamatan SMA dan Sarjana

9 Juli 2023 - 20:07

PT Adaro Energy Indonesia Buka 55 Lowongan Kerja Untuk Tamatan SMA dan Sarjana - Lowongan Kerja Terbaru PT Adaro Energy Indonesia
Trending di LOWONGAN KERJA
Don`t copy text!