Titik-titik Rawan Bencana Dipasangi Rambu Peringatan

Titik-titik Rawan Bencana Dipasangi Rambu Peringatan

“200 Rambu Telah Tersebar di KSB”

Taliwang, KOBAR – Sedikitnya 200 lebih papan rambu-rambu penanda jalur evakuasi bencana telah dipasang di sejumlah titik rawan bencana di Kabupaten Sumbawa Barat. Rambu-rambu tersebut dipasang Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, guna mengarahkan warga menuju lokasi aman saat muncul ancaman bencana.

“Pemasangan rambu-rambu bertujuan meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan warga saat bencana datang, sehinga mereka mengetahui arah jalur penyelamatan dan mengurangi resiko bencana,” ujar Kepala Sekretariat BPBD Sumbawa Barat, Mukhlis DM.

Dijelaskannya, rambu-rambu tersebut bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang diberikan ke pihaknya. Pemasangannya sendiri ditempatkan di sejumlah lokasi yang mudah terlihat oleh warga seperti di simpang jalan dan di sekitar pesisir pantai.

“Pengerjaan pemasangan rambu-rambu itu  berlangsung sejak beberapa bulan yang lalu, dan  ditempatkan pada titik yang berdekatan dengan lokasi evakuasi,” terangnya.

Tempat yang menjadi tujuan rambu jalur evakuasi itu lanjut Mukhlis, adalah tempat pengungsian sementara warga menghindari bencana tsunami maupun bencana banjir.

“Jadi rambu jalur evakuasi itu untuk penunjuk arah titik pengungsian warga dari bencana,” timpalnya.

Ditambahkannya, pemasangan rambu-rambu itu sebagai bentuk kesiapsiagaan pihaknya dalam mengantisipasi kebencanaan yang suatu saat bisa saja datang. Untuk itu ia berharap masyarakat dapat menjaga rambu-rambu itu dan tidak merusaknya.

“Kita harap masyarakat bisa menjaga rambu-rambu itu dengan baik karena menjadi pedoman untuk mengamankan diri dari ancaman bencana,” tandasnya. (ktas)

Don`t copy text!