fbpx

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

Guru Keluhkan Pencairan Sertifikasi di BRI

Taliwang, KOBAR – Pelayanan di Bank Rakyat Indonesia (BRI) Unit Taliwang dikeluhkan sejumlah guru satuan pendidikan dasar setempat. Keluhan tersebut lebih pada pelayanan yang dinilai sangat lamban, utamanya dalam proses pencairan tunjangan sertifikasi.

“Kita tidak tahu apa penyebabnya. Tapi yang jelas, kelambanan proses pencairan di Bank itu sudah kerap terjadi,” kata salah seorang guru yang menolak namanya dikorankan.

Menurutnya, proses pencairan tunjangan sertifikasi guru pendidikan dasar di Bank lain yang ditunjuk pemerintah tidak sesulit seperti transaksi di bank BRI. Bahkan kata dia di bank lain setelah ditransfer oleh Pemda melalui dinas tehnis, bisa langsung dilakukan transaksi atau pencairan.

‘’Di Bank lain proses pencairannya cepat dan mudah. Tidak perlu menunggu lama-lama, uang masuk langsung bisa dicairkan,” cetus guru itu.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) Sumbawa Barat, Drs Mukhlis M.Si, tidak membantah proses pencairan tunjangan sertifikasi guru melalui Bank BRI memang selalu mengalami keterlambatan. Bahkan tidak jarang banyak guru yang datang mempertanyakan hal itu kepadanya.

“Kita tidak bisa berbuat banyak karena segala bentuk proses pencairan menjadi otoritas pihak Bank. Kita hanya mentransfer sesuai jadwal,” timpalnya.

Mukhlis tidak memungkiri jika pembayaran tunjangan sertifikasi guru pendidikan dasar triwulan ke IV sudah ditransfer sekitar taggal 18 Desember 2015 lalu. Namun informasi yang diterima, hingga saat ini masih ada sejumlah guru yang memiliki rekening di Bank BRI belum bisa melakukan transaksi pencairan. Sementara di Bank lainnya yang juga sama melakukan proses pencairan sudah tidak ada masalah.

“Kita harapkan hal seperti ini tidak terjadi lagi. Pihak Bank harus mencari upaya agar proses pencairan tidak selalu mengalami keterlambatan,” tukasnya.

Sementara, Kepala Unit Pimpinan Bank BRI Taliwang, Abdul Hakim, saat dikonfirmasi terpisah membenarkan pencairan tunjangan sertifikasi guru triwulan ke IV tahun anggaran 2015 sedikit mengalami keterlambatan. Keterlambatan itu, lebih disebabkan karena faktor terjadinya gangguan sistim transaksi pengiriman uang dari Bank NTB ke kantor BRI Cabang Sumbawa Besar. Selanjutnya dana itu baru dikliring ke Bank BRI Unit Taliwang.

‘’Yang jelas keterlambatan pencairan tunjangan sertifikasi itu bukan karena disengaja, tetapi lebih pada gangguan sistem saja,” kilahnya.

Ia mengucapkan terima kasih atas masukan dan kritikan yang disampaikan itu sebagai bahan perbaikan untuk peningkatan pelayanan. Ia bahkan berjanji akan lebih meningkatkan lagi pelayanan, khusus mengenai proses pencairan tunjangan sertifikasi guru.

“Kedepan pelayanan akan kita tingkatkan. Untuk mempersingkat waktu pencairan, kita bahkan sudah mempersiapkan sistem pencairannya bisa dilakukan melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM),” demikian Abdul Hakim. (ktas)

Don`t copy text!