fbpx

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

Disosnakertrans Ternyata Tak Miliki Salinan PKB Newmont

Taliwang, KOBAR – Perjanjian Kerja Bersama (PKB) yang menjadi acuan PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) dalam melaksanakan mekanisme kerja dengan seluruh karyawan telah ditetapkan, bahkan hasilnya telah dilaporkan kepada pihak Kementerian, namun Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disosnakertrans) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) belum mendapatkan salinannya.

Kepala Disosnakertrans Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), H Abdul Hamid MPd, mengakui jika proses sampai penetapan terhadap PKB Newmont untuk periode 2015-2016 sudah final, bahkan sudah dilakukan acara penutupan, namun salinan belum disampaikan kepada pihaknya, sementara PKB itu adalah regulasi bagi perusahaan, termasuk acuan bagi pemerintah dalam melakukan pengawasan.

“Saya akan segera menyurati Newmont untuk meminta diberikan salinan PKB, agar bisa menjadi pegangan dan acuan dalam melakukan pengawasan nantinya, termasuk ingin dipelajari apa saja yang menjadi kesepakatan akhir dari perundingan antar pihak perusahaan dengan karyawan,” ucapnya.

Hal penting disampaikan H Hamid, tenaga kerja maupun perusahaan diharapkan dapat mematuhi apa yang menjadi kesepakatan yang telah tertuang dalam PKB tersebut, karena yang melanggar nantinya akan berhadapan dengan Disosnakertrans. “Kita semua tahu bahwa proses perundingan PKB membutuhkan waktu yang cukup panjang, jadi semua pihak harus patuh terhadap PKB yang merupakan regulasinya,” harapnya.

H Hamid juga mengakui bahwa pihak perusahaan pasti akan menyerahkan salinan itu kepada pemerintah KSB, namun hal itu akan dilakukan setelah PKB itu sendiri final. “Kami tahu bahwa baru saja diserahkan kepada pihak Kementerian sebagai laporan, jadi ada proses penetapannya. Saya yakin setelah itu akan diberikan salinannya, tetapi untuk mempercepat proses mendapatkan salinan, Disosnakertrans akan melayangkan surat resmi permintaan salinan,” urainya lagi.

Lantaran belum mendapatkan salinan, H Hamid enggan untuk memberikan keterangan secara detail terkait isi dari PKB itu sendiri, namun yang pasti terjadi perbedaan yang cukup signifikan antara PKB tahun sebelumnya dengan yang ada sekarang ini. (kimt)

Don`t copy text!