PDIP Tabukan Voting Pada Pemilihan Pimpinan Partai

PDIP Tabukan Voting Pada Pemilihan Pimpinan Partai

Taliwang, KOBAR – Setiap pemilihan pimpinan partai politik pada semua tingkatan selalu berujung pada format voting atau pemilihan dengan pemungutan suara, tetapi berbeda yang dilakukan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Hal itu terlihat saat pelaksanaan Musyawarah Kerja Daerah Khusus (Muskerdasus) yang dilaksanakan pada kamis 25/12, pekan kemarin.

Muskerdasus yang dilaksanakan PDIP di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), tidak hanya fokus untuk pemilihan pengurus Pimpinan Anak Cabang (PAC). Namun juga membahas rencana pemilihan ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP KSB yang akan digelar pada Januari 2015 mendatang.

Ketua DPC PDIP KSB, Kaharuddin Umar, yang dikonfirmasi media ini di Hotel Andi Graha sebagai tempat pelaksanaan Muskerdasus mengakui bahwa mekanisme pemilihan ketua PAC berbeda dengan yang pernah dilakukan pada periode sebelumnya, termasuk dengan apa yang dilakukan partai lain, karena PDIP mengenal dan menjunjung tinggi asas musyawarah mufakat. “Tidak ada voting dalam menetapkan ketua partai,” tegasnya.

Jika calon ketua lebih dari satu orang, maka akan dimusyawarahkan dengan pimpinan partai yang lebih tinggi. Misalnya, calon ketua PAC yang diterima DPC saat ini ada yang lebih dari satu, maka akan dilakukan musyawarah dengan melibatkan langsung ketua DPC, agar bisa dicarikan solusi. Jika upaya musyawarah itu juga terjadi deadlock, maka ada opsi mengusulkan calon lain. “Pokoknya keputusan akhir selalu dengan menggunakan sistem musyawarah mufakat, agar tetap terjalin kebersamaan dalam membesarkan partai,” lanjut politisi asal Kelurahan Sampir itu.

Dibeberkan Kahar, pada saat itu juga muncul calon ketua PAC lebih dari satu orang yang harus segera diselesaikan sebelum ditetapkan dengan komposisi kepengurusan. Kecamatan yang lebih dari satu calon ketua adalah, kecamatan Jereweh, kecamatan Sekongkang, kecamatan Maluk dan kecamatan Poto Tano, sementara kecamatan Taliwang, kecamatan Brang Rea, kecamatan Brang Ene dan kecamatan Seteluk hanya mengusulkan satu nama. “Untuk empat kecamatan itu dilakukan musyawarah bersama DPC dalam menetapkan ketuanya,” terangnya.

Pantauan langsung media ini dilokasi pelaksanaan muskerdasus memang tidak terlihat ada gejolak dalam pemilihan ketua PAC, dimana untuk beberapa kecamatan yang tidak bisa mengerucut pada satu nama calon ketua diberikan waktu untuk bermusyarawah dalam ruangan pelaksanaan muskerdasus, sehingga peserta lain bisa melihat langsung musyawarah tersebut, jadi dalam hitungan beberapa menit berhasil ditetapkan ketua lengkap dengan pengurus baru PAC masing-masing.

Setelah semua pengurus PAC tersusun, maka ketua DPC melakukan pelantikan secara resmi dengan disaksikan pengurus dari Dewan Pimpinan Daerah (DPD) provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). “Setelah komposisi kepengurusan PAC lengkap, maka saya nyatakan resmi menjadi pengurus baru untuk periode 2014-2019 dan pengurus itu sendiri berhak mengikuti konfercab yang akan dilaksanakan pada Januari 2015 mendatang,” tegas Made Slamet selaku wakil ketua DPD PDIP NTB yang hadir saat itu.

Pada kesempatan itu ditetapkan juga lima orang yang menjadi bakal calon pimpinan DPC PDIP KSB yang akan melakukan musyarawah untuk menentukan siapa yang akan menjadi ketua terpilih. Lima orang itu adalah, Kaharuddin Umar (ketua PDIP KSB sekarang), kemudian Hasanuddin (anggota DPRD KSB sekarang), Nurdin (pengurus DPC), Andi Intan (kader PDIP) dan Suryati (ketua terpilih PAC kecamatan Maluk).

Selain mengusulkan lima nama bakal calon ketua DPC, muskerdasus itu sendiri merekomendasikan tiga nama sebagai bakal calon ketua DPD NTB. Tiga nama yang diusulkan adalah, H Rahman Hidayat (ketua DPD PDIP NTB), M Husni Jibriel (sekretaris DPD PDIP NTB) dan Made Slamet (wakil ketua PDIP NTB).

Berikut ketua PAC terpilih yang disahkan dalam Muskerdasus kemarin: Ketua PAC Taliwang, Anton Syarafuddin; ketua PAC kecamatan Brang Rea, Sabiluddin; ketua PAC Brang Ene, Danil; Ketua PAC Seteluk, Ahmad; Ketua PAC Jereweh, M Amin; Ketua PAC Sekongkang, Alvin Berry; Ketua PAC Maluk, Suryati; dan Ketua PAC Poto Tano, Ramli. (kimt)

Don`t copy text!