Puting Beliung Rusak 75 Rumah, 3 Diantaranya Porak Poranda

Puting Beliung Rusak 75 Rumah, 3 Diantaranya Porak Poranda

Brang Rea, KOBAR – Hujan deras disertai angin puting beliung yang terjadi di kecamatan Brang Rea merusak sedikitnya 75 rumah warga. Hasil pantauan terakhir yang dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), ada 3 rumah yang porak poranda, sehingga pemilik rumah harus mengungsi untuk sementara waktu.

Kepala pelaksana BPBD Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Drs Thalib Abdullah yang ditemui dalam ruang kerjanya senin 10/11 kemarin mengaku, akibat hantaman angin puting beliung tersebut, kerugian yang dialami kisaran Rp. 300 juta. “Kerugian ril belum bisa disampaikan, karena saat ini masih dilakukan pendataan keseluruhan,” ucapnya.

Daerah yang terkena musibah angin puting beliung semuanya di kecamatan Brang Rea, masing-masing desa Moteng dengan jumlah 37 rumah, lalu desa sepakat ada 34 rumah yang terkena angin puting beliung dan ada 4 rumah di desa Bakat Monteh. “3 rumah yang porak poranda itu di desa Moteng,” lanjut Thalib sapaannya.

Masih keterangan Thalib, pihak BPBD selain melakukan pendataan juga sudah mendistribusikan sembako, termasuk tarpal untuk rumah yang rusak bagian atap, agar bisa dipergunakan sementara waktu. Bantuan akan terus diberikan dalam membantu para korban.

“Hari ini (kemarin, red), telah ditetapkan tanggap darurat dalam menangani dan membantu korban puting beliung. Tanggap darurat itu berjalan selama enam hari kedepan,” tandasnya sambil menegaskan meskipun rumah yang menjadi korban dalam musibah itu tergolong cukup banyak, namun tidak ada korban jiwa.

Pada kesempatan itu Thalib juga menyampaikan kepada masyarakat untuk waspada dengan berbagai bencana yang muncul disaat perubahan musim seperti saat ini, terlebih dengan angin puting beliung, karena hampir semua kawasan tetap menjadi rawan dengan angin puting beliung.

“Tidak ada kawasan yang dinyatakan aman dari serangan angin puting beliung, jadi semuanya berpotensi, tinggal kewaspadaan dari masyarakat itu sendiri,” terangnya. (kimt)

Don`t copy text!