Banyak Titik Rawan di KSB Tidak Terpasang PJU

Menu

Mode Gelap

SUMBAWA BARAT · 1 Agu 2019

Banyak Titik Rawan di KSB Tidak Terpasang PJU


Banyak Titik Rawan di KSB Tidak Terpasang PJU Perbesar

Taliwang, KOBAR – Semenjak Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) terbentuk 15 tahun silam hingga hari ini, sejumlah ruas jalan di Kecamatan Brang Ene dan Kecamatan Brang Rea tidak terpasang lampu Penerangan Jalan Umum (PJU), padahal hilir mudik manusia dan barang pada malam hari di wilayah tersebut non stop saban hari.

Disamping banyak titik rawan yang belum terpasang PJU, sejumlah PJU yang telah terpasang pun di wilayah tersebut banyak yang mati dan belum diperbaiki sekian lama, membuat sejumlah pengendara roda dua dari arah kota Taliwang yang ingin menuju dua kecamatan itu atau sebaliknya banyak yang mengeluh dan takut. Kerena kondisinya menjadi gelap saat melintas pada malam hari.

Pengamatan media ini, ada puluhan PJU yang mati di sepanjang jalan dari Desa Manemeng menuju Desa Mujahidin, Kecamatan Brang Ene. Bahkan PJU di sepanjang jalan menuju Desa Mataiyang hingga kini belum ada. Padahal kendaraan proyek kerap lalu lalang di sepanjang jalan tersebut setiap harinya.

Jamaludin (34), Warga Brang Ene, kepada awak media ini mengatakan, lampu penerangan jalan tersebut sudah lama mati dan jarang hidup. Ia berharap agar lampu yang mati tersebut segera diperbaiki. Sebab kondisi jalan yang gelap sangat membahayakan pengendara dan rawan terjadi tindak kriminal.

“Kami minta agar lampu penerangan jalan tersebut dinyalakan kembali, agar tidak ada kekhawatiran ketika melintas,” pintanya.

Hal yang sama juga nampak di jalur antara Kota Taliwang menuju Kecamatan Brang Rea. Di sepanjang jalur ini banyak juga PJU yang mati. Padahal, menurut warga, lampu PJU tersebut baru saja diadakan dan dipasang. Setidaknya, ada puluhan PJU yang mati di jalur ini.

Oni Sulastri (25), Warga Brang Rea, yang saban hari melintas di jalur antara Taliwang dan Brang Rea ini juga bernada sama dengan Jamaludin. Oni mengaku, selain membahayakan pengendara, matinya lampu PJU tersebut juga membuat jalan raya menjadi rawan terhadap tindak kriminalitas. Ditambah dengan kondisi jalan banyak yang berlubang.

“Banyak mas lampu yang mati, jadi terlihat gelap. Saya kan cewek, jadi merasa takut kalau pulang piket malam,” keluhnya.

Menanggapi pesoalan tersebut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) KSB, melalui Kepala Bidang (Kabid) Pertamanan dan Penerangan Jalan Umum, Amrullah SAP, saat ditemui media ini mengaku, bahwa pihaknya telah menganggarkan anggaran sekitar Rp 4,3 Miliar untuk pergantian lampu baru dari Kecamatan Poto Tano hingga Sekongkang, termasuk juga Kecamatan Brang Ene dan Brang Rea.

“Kami sudah menganggarkan pengadaan lampu tahun ini. Pengadaan lampu baru khusus dalam kota Taliwang, dan penggantian lampu di sejumlah titik yang ada di Kabupaten Sumbawa Barat,” beber Amrullah.

Ia menjelaskan, bahwa pihaknya telah menginventarisir jumlah PJU yang akan diganti di sejumlah titik yang ada di KSB. Pihaknya juga tidak menapik bahwa ada keluhan warga soal PJU mati di beberapa titik.

“Kami akan ganti tahun ini lampu yang mati, sedangkan penambahan tahun ini cuma ada di sekitaran kota taliwang,” tukas Amrullah.

Amrullah menambahkan, bahwa fokus pihaknya tahun ini yaitu pembenahan penerangan di sekitar ibukota, seperti taman-taman rekreasi, jalur KTC dan lainnya, mengingat sebentar lagi KSB akan memperingati Harla-nya. (kdon)

About The Author

Trending di KOBARKSB.com

  • 57
    PTSAL Beroperasi Tanpa Permisi“Ratusan Hektar Areal Hutan Digarap” Brang Ene, KOBAR - Aktifitas penanaman dan pengembangan tanaman jabon dan sengon, serta pengembangan sapi, yang dilakukan PT Segarang Alam Lestari (PTSAL) di Lang Lepok, Desa Mujahiddin, Kecamatan Brang Ene, diprotes warga. Pasalnya, perusahaan tersebut dianggap tak pernah melaporkan rencana kehadirannya kepada Pemerintah Desa setempat. “Mereka…
  • 56
    Perusahaan Tambang Galian C Tidak Patuhi Kewajiban Reklamasi“Pemerintah Dituding Tidak Tegas” Brang Ene, KOBAR - Bagaimanapun, sebagai Daerah Otonomi baru di Nusa Tenggara Barat (NTB), Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) tentu terus menggenjot pembangunan infrastruktur di segala bidang. Dan untuk itu, tentu pula akan membutuhkan banyak sekali material bahan bangunan terutama galian C. Sehingga menjamurnya tambang galian C…
  • 55
    Suka Pantai? Datanglah Ke Sumbawa BaratOrang banyak mengira kalau Sumba itu adalah Sumbawa, padahal kan beda daerah. Tulisannya saja sudah beda apalagi tempatnya. Sumbawa berada di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Pulau ini dibatasi oleh Selat Alas di sebelah barat (memisahkan dengan Pulau Lombok). Umumnya orang yang sudah bosan ke Bali biasanya mengunjungi Pulau Lombok,…
  • 55
    Jembatan Tergerus, Jalan Mura-Lampok Terancam PutusBrang Ene – Tingginya curah hujan di beberapa wilayah belakangan ini, termasuk di wilayah Kecamatan Brang Ene, Kabupaten Sumbawa Barat, ternyata mengakibatkan tergerusnya dua jembatan penghubung antara Desa Mura dan Desa Lampok. Salah satu tokoh pemuda Desa Mura, Tabrani (29), menjelaskan, tergerusnya dua jembatan tersebut, sangat berpotensi untuk memutus akses…
  • 55
    Petani Aren Mataiyang Perlu Disentuh Pemda KSBBrang Ene – Berbekal peralatan manual, dan pengelolaan seadanya, petani aren Desa Mataiyang Kecamatan Brang Ene Kabupaten Sumbawa Barat tetap eksis sampai saat ini. Namun disayangkan, ternyata belum pernah tersentuh oleh program stimulus ekonomi pemerintah daerah setempat. A Rahman (47), petani aren Mataiyang dan beberapa orang temannya, mengemukakan, setiap harinya…
  • 54
    Sumbawa Barat Siaga Banjir dan LongsorTaliwang, KOBAR - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah merilis prakiraan kondisi cuaca di beberapa wilayah di Nusa Tenggara Barat (NTB). Prakiraan itu berdasarkan hasil analisis data terupdate dimana kondisi fisik, dan dinamika atmosfer terdapat pusat tekanan rendah di sebelah barat Australia mencapai 1004 hPa, di daratan Australia bagian barat…

Eksplorasi konten lain dari KOBARKSB.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Artikel ini telah dibaca 23 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Masa Jabatan 53 Kepala Desa di Sumbawa Barat Diperpanjang 8 Tahun

20 Juni 2024 - 11:27

Masa Jabatan 53 Kepala Desa di Sumbawa Barat Diperpanjang 8 Tahun - H W Musyafirin - Bupati Sumbawa Barat

Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H – KOBARKSB.com

16 Juni 2024 - 22:44

Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H

Jaringan Mafia Tanah di Sekongkang Bawah Terbongkar, 1 Kontainer Barang Bukti Diamankan Kejaksaan

10 Juni 2024 - 13:48

Jaringan Mafia Tanah di Sekongkang Bawah Terbongkar, 1 Kontainer Barang Bukti Diamankan Kejaksaan - Kejaksaan Negeri Sumbawa Barat

Amman Mineral Buka 17 Lowongan Kerja Terbaru di Tambang Batu Hijau Sumbawa Barat

8 Juni 2024 - 17:48

Amman Mineral Buka 17 Lowongan Kerja Terbaru di Tambang Batu Hijau Sumbawa Barat - Tambang Emas PT Amman Mineral Internasional Tbk (AMMAN)

AMMAN dan Peselancar Rizal Tandjung Kolaborasi Majukan Wisata Bahari Sumbawa Barat

5 Juni 2024 - 01:58

AMMAN dan Peselancar Rizal Tandjung Kolaborasi Majukan Wisata Bahari Sumbawa Barat - Supersucks - Pantai Sumbawa Barat - Amman Mineral

Pelaku Curanmor di Taliwang Dibekuk, 3 Sepeda Motor Hasil Curian Disita

3 Juni 2024 - 19:01

Pelaku Curanmor di Taliwang Dibekuk, 3 Sepeda Motor Hasil Curian Disita - Polres Sumbawa Barat
Trending di HUKUM
Don`t copy text!