Pemanfaatan Potensi Perairan KSB Akan Dimaksimalkan

Pemanfaatan Potensi Perairan KSB Akan Dimaksimalkan

Taliwang, KOBAR – Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (DKPP) akan lebih memaksimalkan potensi perairan di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), terutama untuk dijadikan sarana budidaya, baik itu budidaya rumput laut, udang dan bandeng.

Lokasi yang akan dilirik dan akan diintervensi secara maksimal pada tahun 2015 mendatang adalah, perairan sekitar Kertasari dan perairan Bertong kecamatan Taliwang, perairan Benete kecamatan Maluk dan perairan Tano kecamatan Poto Tano. “Ketiga lokasi itu akan dikembangkan untuk pengembangan budidaya rumput laut, bandeng dan udang,” tandas kabid perikanan budidaya dan pengolahan hasil perikanan, Zainal Arifin SP kemarin.

Diakui Ipin sapaan akrabnya, sebenarnya lokasi itu sudah dikembangkan pemerintah, terutama perairan Kertasari yang sudah dimanfaatkan untuk budidaya rumput laut, hanya saja pemerintah belum terlalu maksimal dalam pemanfaatannya, atau masih cukup luas kawasan yang berpotensi untuk menjadi sumber peningkatan perekonomian masyarakat.

“Pada tahun 2015 mendatang, kami berencana memberikan bantuan berupa bibit dan pakan kepada masyarakat, baik yang mau membudidayakan udang, bandeng dan rumput laut. Jumlah bantuan yang akan diberikan tergantung jumlah rakit dan luas areal budidaya yang hendak dikelola oleh masyarakat itu sendiri,” ucap Ipin.

Disampaikan Ipin, pengembangan potensi untuk dipergunakan sebagai tempat budidaya rumput laut saja belum maksimal, karena yang total melaksanakan pembudidayaan rumput laut sampai saat ini hanya di wilayah perairan Kertasari, sementara kawasan lain yang pernah melakukan pembudidayaan tidak berlanjut, meskipun potensi itu sendiri cukup menjanjikan.

Dicontohkan Ipin, budidaya rumput laut pernah dilakukan masyarakat pesisir Benete, dimana potensi itu cukup menjanjikan, namun dalam beberapa waktu terakhir justru masyarakat menghentikan aktifitas budidayanya, padahal pada panen perdana cukup bagus hasilnya. “Pemerintah sangat serius mengembangkan budidaya rumput laut dengan memanfaatkan potensi yang ada, tinggal sejauhmana masyarakat itu sendiri mau memanfaatkan potensinya,” terang Ipin. (kimt)

Don`t copy text!