fbpx

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

Dipastikan, Juli 2015 Pelaksanaan Pemilukada

Taliwang, KOBAR – Pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) untuk beberapa daerah di Nusa Tenggara Barat (NTB) akan dilaksanakan pada Juli 2015 untuk putaran pertama, sementara putaran kedua akan dilaksanakan pada Agustus.

Jika keputusan DPR RI menetapkan pelaksanaan secara langsung oleh masyarakat, maka tahapan atau proses awal yang akan dilakukan adalah pemutahiran data, termasuk seleksi petugas pelaksanaan yang akan membantu Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam mensukseskan pelaksanaan pemilukada.

Komisioner KPU Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Alia M Nur, SH yang dikonfirmasi rabu 24/9 kemarin tidak banyak memberikan komentar soal pelaksanaan pemilukada mendatang, kecuali memastikan bahwa pelaksanaan akan dilakukan pada Juli mendatang, sesuai hasil Rapat Koordinasi (Rakor) yang dilaksanakan di Mataram beberapa waktu lalu.

“Sudah bisa dipastikan pelaksanaan pemilukada untuk beberapa daerah di NTB akan dilakukan pada Juli, sementara tahapan kedua jika belum ada yang ditetapkan sebagai pasangan pemenang atau putaran kedua akan dilaksanakan pada bulan Agustus. Penetapan waktu itu saat pelaksanaan rakor beberapa waktu lalu,” timpal Alia.

Disampaikan Alia, belum ada proses dan tahapan pemilukada bukan karena belum ada keputusan DPR RI tentang pelaksanaan pemilukada, apakah langsung atau melalui dewan, tetapi lebih karena jadwalnya pelaksanaan yang masih cukup jauh. “Awalnya pelaksanaan diprediksikan pada April, sehingga Oktober harus sudah ada tahapannya, namun setelah rakor dan menetapkan Juli, maka tahapan baru akan dilaksanakan pada akhir Desember mendatang,” beber Alia.

Alia tidak mengelak jika langkah apa yang akan dilaksanakan KPU KSB tetap menunggu apa yang menjadi keputusan politik tentang tata cara pemilihan kepala daerah (Pilkada). “Kita juga harus menunggu apa keputusan akhir tentang opsi pemilihan langsung dan pemilihan tidak langsung, karena keputusan itu yang menjadi acuan KPU KSB bekerja, jadi kita tunggu saja besok keputusannya,” beber Aulia.

Saat ini belum banyak kandidat orang nomor wahid di Bumi Pariri Lema Bariri yang muncul, lantaran masih menunggu keputusan akhir, meskipun ada beberapa calon yang sudah menyatakan siap berlaga pada pesta demokrasi, tanpa melihat versi apapun pelaksanaannya. (kimt)

Don`t copy text!