fbpx
Newmont Bantah Telah Membuang Air Asam Tambang

Newmont Bantah Telah Membuang Air Asam Tambang

Taliwang, KOBAR – Pernyataan yang terlontar Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Sumbawa Barat (BLH KSB), bahwa PT. Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) telah membuang air asam tambang yang berada di dam santong 3 terbantahkan oleh pihak perusahaan, bahkan ditegaskan tidak ada kegiatan pelepasan air tambang yang dilakukan.

Bantahan itu disampaikan manager humas PT. NNT Ruby Purnomo kepada media ini melalui Short Message Service (SMS). Menurutnya, saat ini level air di Santong tinggi hanya 100,8 m, jadi tidak ada kegiatan pelepasan air tambang yang dilakukan.

Masih keterangan Ruby, dalam melaksanakan operasinya, PT. NNT  senantiasi mengikuti peraturan Perundang-undangan (UU) yang berlaku serta selalu dimonitor dan secara berkala dilaporkan kepada pemerintah. “Saat ini levelnya hanya 100,8 dan tidak ada pelepasan air tambang,” tegas Ruby via SMS kepada media ini rabu 3/9 kemarin.

Dalam beberapa kali SMS yang diterima media ini, Ruby tetap menegaskan bahwa tidak ada pelepasan air asam tambang yang telah dilakukan, karena tetap berdalih bahwa ketinggian air saat ini masih pada ambang batas.

Pernyataan Ruby bertolak belakang dengan pernyataan yang disampaikan BLH beberapa waktu lalu, bahkan ditegaskan pihak BLH telah mengambil sampel air tersebut untuk dilakukan pengujian melalui laboraturium pada Pusat Sarana Pengendali Lingkungan (Pusar Pedal) milik Kementerian Lingkungan Hidup (Kemen LH).

Bahkan media ini pernah menulis proses pembuangan air asam tambang yang dilakukan Newmont sesuai keterangan pihak BLH, karena pembuangan melalui pipa tailing termasuk salah satu opsi yang bisa dilakukan pihak perusahaan, setelah air di dam santong 3 tinggi mengalami ketinggian hingga mencapai 104,7. (kimt)

Don`t copy text!