fbpx
Dishutbuntan KSB akan Rintis Hortipark di KTC

Dishutbuntan KSB akan Rintis Hortipark di KTC

Taliwang, KOBAR – Dinas Kehutanan Perkebunan dan Pertanian (Dishutbuntan) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dalam melancarkan misinya menghijaukan lingkungan Kemutar Telu Center (KTC) akan merintis pendirian Hortipark atau kebun Hortikultura.

Nantinya memanfaatkan sebagian lahan yang diperuntukkan untuk kawasan hijau KTC, Dishutbuntan akan menyulapnya menjadi sebuah kebun khusus untuk ditanami berbagai tanaman hortikultura yang terdiri dari tanaman sayur, buah dan bunga. “Mimpi saya pribadi dan dinas ini, tahun depan lahan-lahan di KTC yang diperuntukkan untuk areal hijau bisa kita manfaatkan untuk Hortipark,” ucap Kadishutbuntan Ir Sumbawanto.

Menurutnya, keberadaan Hortipark nantinya akan memberikan manfaat sangat besar. Selain tujuan mempercantik areal KTC, dari sisi fungsinya pun Hortipark dapat digunakan sebagai laboratorium pengembangan tanaman hortikultura. “Bisa kita gunakan untuk penelitian oleh dinas, masyarakat petani dan juga bisa untuk tujuan pendidikan. Jadi akan banyak fungsinya selain mempercantik kompleks KTC,” cetusnya.

Sumbawanto mengatakan, dirinya telah menyampaikan ide tersebut kepada bupati dan mendapatkan apresiasi positif. “Mudah-mudahan dengan anggaran yang ada di tahun 2015 mendatang, kita bisa mulai tahapan pembuatan Hortipark itu,” pungkasnya.

Untuk melancarkan perintisan Hortipark tersebut, Dishutbuntan KSB akan melibatkan seluruh pihak. Terutama para petani Hortikultura akan dijadikan mitra strategis dalam setiap kegiatannya. “Baru-baru ini sudah terbentuk asosiasi petani dan pedagang hortikultura (APPH). Mereka ini yang utama akan kita sertakan dalam kegiatan tersebut,” tukas Sumbawanto.

Sementara itu sekretaris APPH KSB Khairil Zakariah yang dikonfirmasi terpisah membenarkan rencana Dishutbuntan tersebut. Ia pun menyampaikan apresiasinya karena Dishutbuntan menjadikan pihaknya sebagai mitra dalam perintisan Hortipark tersebut. “Kami yakin kegiatan itu akan berhasil tidak saja dalam perintisannya tetapi juga akan berhasil guna, karena manfaatnya akan sangat besar sekali terutama untuk pengembangan sektor pertanian,” terangnya.

Menurut dia sudah saatnya pemerintah mulai memikirkan pengembangan pertanian berbasis tanaman Hortikultura. Pasalnya kegiatan pertanian tersebut memiliki potensi yang amat besar ini dibuktikan dengan banyaknya potensi lahan yang dapat dijadikan sebagai areal tanam. “Tanaman Hortikultura ini kan memanfaatkan lahan kering. Dan bicara lahan kering kita punya banyak sekali dengan kondisi geografis seperti ini (pegunungan, red),” imbuh Khairil. (Kimt)

Don`t copy text!