Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Tiu Suntuk di Kabupaten Sumbawa Barat

Menu

Mode Gelap

EDITOR'S PICK · 2 Mei 2024

Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Tiu Suntuk di Kabupaten Sumbawa Barat


Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Tiu Suntuk di Kabupaten Sumbawa Barat Perbesar

Brang Ene, KOBARKSB.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Tiu Suntuk di Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), pada Kamis, (2/5/2024). Bendungan ini merupakan salah satu bendungan terbesar dari tujuh bendungan yang ada di NTB.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada pagi hari ini saya resmikan Bendungan Tiu Suntuk, di Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat,” kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi menekankan pentingnya air bagi kehidupan manusia, terutama di tengah perubahan iklim saat ini. Air menjadi elemen krusial untuk berbagai kebutuhan manusia.

“Sekali lagi air menjadi sangat penting bagi kehidupan kita, utamanya di NTB. Baik itu untuk pertanian, baik itu juga untuk air baku, air minum kita,” tegas Presiden Jokowi.

Oleh karena itu, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa pemerintah telah membangun tujuh bendungan di NTB dalam 10 tahun terakhir. Jokowi pun mengatakan bahwa NTB menjadi provinsi dengan jumlah bendungan terbanyak di Indonesia.

“Pemerintah dalam 10 tahun ini telah membangun tujuh bendungan di NTB, hanya di NTB, paling banyak dan Bendungan Tiu Suntuk ini menjadi salah satu bendungan besar,” ucap Jokowi.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi menjelaskan bahwa bendungan yang menghabiskan anggaran Rp 1,4 triliun ini memiliki kapasitas hingga 60,8 juta meter kubik. Bendungan ini diyakini akan memberikan sejumlah manfaat nyata bagi masyarakat sekitar.

“Manfaatnya untuk irigasi 1.900 hektar, untuk air baku 680 liter per detik, dan juga bisa mereduksi adanya banjir di sekitar Sumbawa Barat,” tutup Presiden Jokowi.

Acara peresmian Bendungan Tiu Suntuk ini turut dihadiri oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Pj. Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi, dan Bupati Sumbawa Barat W. Musyafirin. (kdon)

About The Author

Trending di KOBARKSB.com


Eksplorasi konten lain dari KOBARKSB.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Kejari KSB Ungkap Dugaan Korupsi Pembangunan Sekolah dan Mafia Tanah, Total Kerugian Negara Capai Rp 4,4 Miliar

21 Mei 2024 - 02:46

Kejari KSB Ungkap Dugaan Korupsi Pembangunan Sekolah dan Mafia Tanah, Total Kerugian Negara Capai Rp 4,4 Miliar - Titin Herawati Utara - Kajari KSB

Amman Mineral Kembali Buka 16 Lowongan Kerja di Tambang Emas Sumbawa Barat

20 Mei 2024 - 19:14

Amman Mineral Kembali Buka 16 Lowongan Kerja di Tambang Emas Sumbawa Barat - Tambang Batu Hijau PT Amman Mineral Internasional Tbk (AMMAN)

Selamat Memperingati Hari Reformasi – Iklan Diskoperindag KSB

20 Mei 2024 - 17:49

Hari Reformasi - Diskoperindag KSB

Selamat Hari Kebangkitan Nasional – Iklan Diskoperindag KSB

19 Mei 2024 - 22:22

Harkitnas - Diskoperindag KSB

Selamat Hari Pendidikan Nasional – Iklan Diskoperindag KSB

2 Mei 2024 - 11:38

Hardiknas - Diskoperindag KSB

Amman Mineral Buka 16 Lowongan Kerja Terbaru di Tambang Emas Sumbawa Barat

1 Mei 2024 - 16:18

Amman Mineral Buka 16 Lowongan Kerja Terbaru di Tambang Emas Sumbawa Barat - Tambang Batu Hijau PT Amman Mineral Internasional Tbk (AMMAN)
Trending di LOWONGAN KERJA
Don`t copy text!